Usaha

Menyesatkan Pekerja & Memotivasi Pengusaha

Nasehat-nasehat Berwirausaha

Memulai usaha itu memang sungguh luar biasa sulit. Tidak hanya diperlukan modal, tetapi juga tekad, keterampilan, pengetahuan, naluri dan ketekunan. Benarkah hanya itu? Tetapi apa saja yang menentukan keberhasilan kita dalam berwirausaha. Syukurlah kita sangat banyak terbantu dengan banyaknya para pengusaha sukses yang dengan tulus membagikan kiat-kiat suksesnya untuk kita.

Saya menuliskan beberapa nasehat-nasehat mereka. Saya tidak akan menuliskan nama sumber nasehat dengan beberapa alasan Atau jika pembaca memiliki nasehat lain, silakan tambahkan di baris komentar.

Ketekunan

Seseorang pengusaha sukses di bidang medis dan pendidikan mengatakan bahwa yang terpenting dalam berwirausaha adalah “ketekunan.” Dia juga memberikan contoh banyaknya pengusaha sukses yang justru tidak sukses dalam pendidikannya. Justru orang-orang yang mempunyai nilai akademis yang tinggi biasanya malah tidak sukses dalam dunia usaha.

Berani Mengambil Resiko

Seseorang yang lain juga menonjolkan sifat-sifat keberanian dari seorang pengusaha. Seorang pengusaha harus berani mengambil resiko walau pun secara perhitungan matematis mungkin tampak tidak menguntungkan, tetapi justru seringkali malah menguntungkan. Bahkan keuntungannya tidak sedikit, tetapi banyak sekali.

Terampil & Tidak Putus Asa

Biasanya pengusaha sukses itu pernah mengalami beberapa/banyak kegagalan. Tetapi karena mereka tidak mengenal putus asa dan selalu bangkit, selain memperoleh pelajaran dari pengalaman, mereka jadi terampil dalam mengatasi banyak hal dalam berwirausaha.

Berdoa

Rupanya para pengusaha sukses juga rajin berdoa. Maklum saja karena selama berwirausaha mereka seringkali mempertaruhkan segalanya, termasuk hidupnya & keluarganya demi kegiatan berwirausahanya.

Seseorang konsultan usaha pernah memberikan ilustrasi tentang pentingnya doa bagi pengusaha.

Kalau saya memulai usaha sendiri, sudah pasti saya & keluarga akan berdoa dengan sangat khusuk & tekun untuk memohon agar usaha saya berhasil. Tetapi jika saya berwirausaha bersama banyak teman, maka yang turut berdoa akan lebih banyak lagi, tidak hanya saya dan keluarga saya, tetapi juga mereka dan keluarga mereka.

Berani Berubah

Seorang yang memulai usaha sendirinya harus berani menghadapi perubahan yang bakal mengubah seluruh hidupnya. Perubahan itu bisa positif mau pun negatif. Tetapi sebagai langkah awal, para pemula harus memiliki tekad yang kuat untuk mau berubah dan menghadapi segala tantangan yang bakal menghadangnya.

Seseorang konsultan memberikan tes bagi para pemula atau pengusaha kurang sukses yang ingin memulai usahanya atau yang ingin agar usahanya sukses. Tes yang dilakukan sangat sederhana dan dilakukan saat konsultan tersebut bertemu calon kliennya untuk pertama kali.

Biasanya para pemula atau pengusaha kurang sukses tersebut ingin segera mendapatkan konsultasi atau resep-resep mujarab yang instan demi kesuksesan atau kelanggengan usahanya. Tetapi sebelum melakukan konsultansi, sang konsultan menilainya dan memberikan test.

Suatu ketika sang konsultan menemui calon klien yang tampak bangga dengan kumisnya. Memang kumisnya sangat rapi dan bagus bentuknya. Dengan kumisnya itu, sang calon jadi tampak gagah & ganteng. Sesekali sang calon merapikan kumisnya dengan tangannya untuk memperbaiki bentuknya.

Sang konsultan memberikan tes baginya, yaitu dengan menyuruhnya untuk mencukur habis kumisnya. Tetapi kontan sang calon menolak dan akhirnya sang konsultan menolak menanganinya dan mengatakan bahwa dia tidak berani menerima dan menghadapi perubahan yang sebenarnya sangat penting dalam dunia usaha.

Pandai Mengelola

Seseorang pernah berkata: “Pengusaha yang sukses itu adalah pengusaha yang mampu mempekerjakan orang-orang yang cerdas di bidangnya.” Memang benar adanya. Kesuksesannya ditopang oleh para pekerjanya yang berkompeten di bidangnya. Nah, dengan demikian para pengusaha harus mampu memilih dan mempekerjakan orang-orang seperti ini.

Selain dapat mengelola sumberdaya manusia, para pengusaha juga harus pandai mengelola sumber daya yang lain, misalnya aset, keuangan, dll. Kemampuan mengelola ini justru seringkali tidak ditemui di orang-orang cerdas yang akhirnya menjadi karyawan dari si pengusaha.

Seger & Pinter

Ini ada sebuah nasehat dari seorang motivator usaha:

“Kalau badan Anda segar, jadilah militer. Kalau otak Anda pinter, jadilah profesor. Tapi kalau badan Anda seger dan otak Anda pinter, jadilah wirausahawan.”

Jadi dia menekankan pentingnya kesegaran tubuh dan kepintaran otak. Syukurlah jika kita bisa memiliki keduanya. Paling tidak modal sukses sudah ada pada kita.

Kemauan Terus Belajar

Seorang pengusaha sukses pernah berkata bahwa semua usahanya, baik yang gagal mau pun berhasil itu adalah tempat belajarnya. Dan dia mau untuk terus mempelajari setiap usahanya. Bahkan tidak hanya mempelajari apa yang telah dia peroleh dari pengalamannya atau dari teori atau buku, dia juga melakukan percobaan-percobaan dan bermanuver dalam usahanya.

About these ads

164 responses to “Nasehat-nasehat Berwirausaha

  1. ega Januari 14, 2007 pukul 4:00 am

    Nasehatku DO IT [lakukan aja]
    inteernet murah call me 08564 382 7777 [ega]

  2. kikiFotocopy Januari 18, 2007 pukul 11:12 am

    Bener mas yang terpenting itu ACTION, bagi teman-teman yang masih menjadi karyawan bukan berarti tidak bisa menjadi pengusaha, untuk menjadi pengusaha itu, dapat dimulai dari hal kecil, seperti saya memulainya dengan berjualan ilmu (mengajar. konsultan, penasehat) dari hasil jualan tersebut saya bisa menabung untuk membangun bisnis Fotocopy di margonda

    • rahmat Juni 2, 2009 pukul 11:13 am

      Bagi dong pengalaman buka usaha fotocopy,saya rencana jg mau buka usaha fotocopy,.Makasih.

    • rigi Januari 14, 2010 pukul 2:42 pm

      gw juga uda 6 th di bidang ini boleh donk kita merjer.dari bisnis ini ga ada matinye

    • rigi Januari 14, 2010 pukul 2:49 pm

      6 tahun yang gw jalanin.semuanya gw mulain dr 0
      tahun I ga kebeli apa apa uda bisa bertahan aja uda bagus.
      tahun ke II bisa nambah unit mesin walau harus pinjam modal sana sini.masih puzink juga tuh di tahun ke II
      Tahun ke III alhamdulilah bisa ngelamar orang alias kawin oie,walau ngontrak gitu
      Tahun ke IV alhamdulilah punya anak,semau mesin gw ganti digital

  3. Agus Hariyanto Februari 10, 2007 pukul 4:36 am

    Saya Ingin Banyak menerima masukan dari rekan-rekan pengusaha yang sukses maupun yang masih merintis agar memotifasi saya untuk terus melakukan action untuk menjadi pengusaha sukses. Terima kasih

  4. ineu indriasari Februari 14, 2007 pukul 5:52 am

    Saya ingin berwiraswata apa saja agar dapat mendapatkan penghasilan lebih , selain sebagi karywan pada sebuah perusahaa.
    Saya siap membantu siapa saja yang mau memasarkan produknya.
    terimakasih

  5. wildan Februari 21, 2007 pukul 12:26 am

    bueener sekali pak, tanpa usaha dan keberanian untuk mengambil resiko, tidak dapat dinamakan sebagai pengusaha karena seorang pengusaha atau wirausaha akan selalu menemui rintangan dan masalah-masalah yang harus dihadapi dengan mempertaruhkan barang yang mereka sayangi

  6. yudi Maret 5, 2007 pukul 11:12 am

    Mas tolong dong bagi-bagi tip saya mau bisnis fotochopy dan stationary berapa sih modalnya dan apa saja yang harus diperhatikan untuk membuka usaha ini. saya merasa cape dan bosan untuk terus bekerja pada orang lain. jadi tolong dong kiat-kiat bisnis untuk saya.

  7. dewo Maret 6, 2007 pukul 5:05 am

    Dear Yudi,

    Sebenarnya sebelum membuka sebuah usaha, kita harus melakukan analisis kelayakan dulu. Tetapi saya anggap Anda sudah melakukannya sehingga Anda sudah cukup yakin dengan usaha fotocopy & stationary ini.

    Modal awal untuk usaha tersebut kira-kira sebagai berikut:

    1. Tempat. Anda bisa menyewa tempat yg strategis. Paling tidak mudah dijangkau dan dekat dengan pangsa pasar yg Anda sasar, misalnya perguruan tinggi atau sekolah. Tetapi tempat menjadi tidak bermasalah jika usaha ini dijalankan di rumah Anda sendiri yg mungkin kebetulan sudah strategis.

    2. Mesin fotocopy. Saya dengar ada beberapa penjual mesin fotocopy yg bersedia menjual mesin fotocopy dengan sistem mencicil. Lumayan agak ringan jika Anda bisa mencicilnya. Pertama mungkin cukup 1 dulu. Lihat perkembangan. Bila ternyata semakin ramai, maka perlu ditambah mesinnya sesuai kebutuhan.

    2a. Stationary. Anda juga harus membeli beberapa stationary yg akan Anda jual. Jika mungkin, beli dari distributor atau bahkan produsen stationary itu secara langsung. Soalnya akan lebih murah.

    3. Tenaga kerja. Anda juga perlu mempekerjakan seseorang untuk menjaga usaha Anda. Lebih baik jika tenaga kerjanya baik dan terampil. Lebih baik lagi jika mengerti masalah teknis mesin fotocopy. Tidak jarang mesin fotocopy bermasalah walau pun ringan. Jika masalahnya ringan, lebih baik jika bisa diatasi oleh tenaga kerja itu sendiri, tidak usah memanggil teknisi dari luar.

    4. Modal operasional. Kita juga harus menyiapkan sejumlah dana untuk menalangi operasional selama beberapa bulan. Untuk bisnis fotocopy ini, idealnya kita harus menyiapkan dana operasional untuk 6 bulan. Dana ini digunakan untuk: gaji, listrik, pemeliharaan mesin, membeli stock kertas & stationary, dst.

    Mengenai berapa modal yg dibutuhkan, rasanya Anda dapat menghitungnya sendiri dari harga/biaya per item di atas. Tetapi mengingat bisnis fotocopy & stationary ini sudah menjamur, maka diperlukan beberapa strategi supaya usaha Anda dapat menang di antara banyak pesaing.

    Strategi ini bisa berupa:
    1. Pelayanan yg baik & ramah.
    2. Pelayanan yg cepat.
    3. Hasil fotocopy yg baik.
    4. Stationary yg lengkap.
    5. Harga yg murah.

    Tentu saja Anda dapat memiliki beberapa keunggulan di atas sekaligus. Tetapi Anda juga harus memikirkan modal awal Anda untuk mendukung strategi tersebut.

    Misalnya untuk mendukung pelayanan yg baik, ramah & cepat, maka dibutuhkan tenaga kerja yg baik, ramah dan cekatan. Pilihlah tenaga kerja yg memiliki atitude yg terbaik.

    Sedangkan jika diinginkan harga fotocopy yg murah, maka diperlukan mesin fotocopy dan kertas yg murah tetapi tetap memberikan hasil yg layak. Ini agak bertentangan jika Anda ingin hasil fotocopy yg sangat baik. Sudah tentu dibutuhkan mesin fotocopy dan kertas yg dapat menghasilkan copy yg baik. Dan biasanya mesin tersebut mahal.

    Ada pembaca yg ingin menambahkan?
    Semoga sedikit jawaban ini dapat membantu. Salam.

  8. tardhy Maret 24, 2007 pukul 4:06 am

    saya seorang pegawai di sebuah warnet di bogor.saya pernah mencoba belajar bikin usaha sendiri dengan berjualan mie rebus,kopi, minuman dll.saya jalani itu selama sebulan lebih seminggu dan hasilnya saya gagal dalam mengelolanya. mungkin itu pelaajaran buat saya bahwa membuat usaha tidak semudah yang saya perkirakan.akhirnya modal yang saya pake habis dan tidak kembali sepenuhnya modal saya itu, mungkin saya kurang perhitungan dalam menjalani usaha itu.
    intinya saya minta saran dan tips2 usaha apa yang kira2 bisa saya kerjakan walau sebagai pegawai warnet??? tolong jawban nya saya tunggu di email saya. atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih

  9. dewo Maret 26, 2007 pukul 3:16 am

    @Dear Tardhy,

    Sebenarnya kita perlu membuat analisis mengapa usaha Anda tidak berhasil. Analisis ini misalnya: banyaknya pesaing, potensi pangsa pasar, potensi lokasi (strategis atau tidak), harga & rasa, dll.

    Yang tidak kalah penting di usaha seperti ini adalah baik-tidaknya pelayanan yg diberikan. Pelayanan harus ramah dan cepat-tanggap alias gesit.

    Anda juga harus jeli dalam mengelola keuangan, jangan sampai besar pasak dari pada tiang. Transaksi penjualan harus tinggi. Dengan modal pelayanan yg baik, diharapkan tercipta pelanggan tetap yang setia.

    Tetapi itu saja tidak cukup. Anda perlu melakukan promosi. Bentuknya tentu yg sederhana saja, misalnya promosi dari mulut ke mulut. Ajak teman-teman Anda mencobanya.

    Mengenai saran, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir walau pun status Anda saat ini adalah pegawai warnet. Karena Anda masih dapat mengerjakan hal lain di luar waktu kerja Anda. Syukurlah Anda memiliki semangat wirausaha yang baik. Mengenai bidang usaha yg akan Anda geluti, itu bergantung dengan keterampilan dan kemampuan Anda.

    Paling tidak, usaha Anda membuat warung sudah cukup bagus. Jika saat ini belum berhasil, Anda harus menganalisisnya: mengapa tidak berhasil? Jangan patah semangat hanya karena gagal 1 kali. Para pengusaha sukses kebanyakan mengalami lebih dari 3 kali gagal sebelum akhirnya benar-benar sukses.

    Jadikan pengalaman Anda sebagai guru. Belajar dan berusahalah terus. Semoga berhasil. Salam.

  10. Ririe April 5, 2007 pukul 2:43 am

    Saya kepingin bisnis agen minuman ringan (teh botol, coca cola, aqua dll) tolong dong kiat – kiat dan tipsnya, thanks

  11. dimas April 5, 2007 pukul 4:25 pm

    maaf saya tidak memberi comentar tetapi malah saya mau minta saran bagaimana menentukan harga jikalau kita membuka cabang usaha/berjualan di mal.. sedangkan budget di mall lebih besar di bandingkan dengan di pusat/tempat awal kita berdagang….
    apa kalau beda harga akan menjadikan konsumen pusing atau jadi ragu..??
    makasih saya ucapkan sebelumnya…
    tolong tolong… banget mas/mba kasih saya saran dan masukanya…
    wasalam

  12. mukhlis eko widodo April 13, 2007 pukul 6:23 pm

    JADIKAN DIRI SESEORANG NO.1 UNTUK BERJUANG
    ANDAI KESENANGAN ADALAH MENTARI
    DAN KESEDIHAN ADALAH HUJAN
    MAKA, HARUS MENJADI SATU UNTUK BISA MELIHAT PELANGI

  13. dewo April 14, 2007 pukul 3:09 am

    @Dear Mukhlis Edo Widodo,

    Iya betul. Terima kasih atas prinsipnya yang sangat bagus.

    Salam.

  14. Eriko Juni 7, 2007 pukul 7:49 am

    Pada umumnya yang sering dilihat hanya hasil kesuksesannya,
    yang sering terlupakan adalah melihat bagaimana proses bisa sukses.
    Saya melihat umumnya orang indonesia pemalas , hanya mau jalan pintas, segala cara dihalalkan, padahal itu awal pembodohan.

  15. cak to Juli 19, 2007 pukul 1:28 pm

    mohon kasih masuk pada teman-teman,gimana cara berwirausaha tentang jualan pakaian dan giman cara mengelola keuangan,supaya bisa tau tentang untung ruginya.makasih sebelumnya

  16. dewo Agustus 6, 2007 pukul 5:05 pm

    @Dear Eriko,

    Anda benar. Marilah berubah, jangan sampai Anda menyebut “orang Indonesia pemalas.” Dan perubahan itu dimulai dari kita sendiri.

    ~~~

    @Dear Cak,

    Untuk jualan pakaian, Anda harus bisa mencari pemasok yang memiliki harga paling kompetitif dengan kualitas terbaik. Memang sulit mencarinya, tetapi di situlah kuncinya. Dengan bisa memperoleh pemasok yang kompetitif dengan kualitas terbaik, Anda bisa berkompetisi dengan penjual pakaian yang lain.

    Cara mengelola keuangan yang baik adalah dengan mencatat setiap transaksi dengan benar dan terstruktur, baik untuk penjualan mau pun pembelian. Dari data transaksi inilah semua laporan dapat diperoleh, termasuk laporan laba rugi.

    Maaf, saya tidak menjabarkan secara detail. Mungkin ada rekan lain yang mau menambahkan?

    Semoga sukses.

    • teguh solichin Februari 16, 2011 pukul 1:06 am

      satya setuju dengan apa yang di katakan oleh saudara ,sebagai wargab negara yang baik kita harus bisa menunjukkan potensi kita

  17. ivan andhika Agustus 21, 2007 pukul 3:30 pm

    hai, saya saat ini bekerja di salah satu distributor komputer, saat ini saya sedang bimbang n butuh masukannya, saat ini saya ingin membuka usaha sendiri yaitu toko/distribusi komputer dan note book.butuh saran dan masukan nih terimakasih

    Brand : Toshiba M200 A 411
    Stock: Ready stock
    OPERATING SYSTEM WINDOWS VISTA BASIC ORIGINAL
    1-Year Limited Warranty.By distributor
    Item details
    Weight: 2 kg, 260 grams
    Specs: Intel® Core™ Duo Processor T2080 (1.73GHz, 2MB L2 Cache, 533MHz FSB) ,
    512MB DDR2,
    80GB Hard Drive,
    Intel® Graphics Media Accelarator 950 up to 128MB shared VRAM,
    14″ WCSV screen,
    DVD SuperMulti Double Layer Drive (DVD±RW/RAM) with Labelflash,
    56K Modem, 10/100 Ethernet,
    Wifi 802.11b/g,
    4x USB 2.0,
    5-in-1 card reader,
    IEEE 1394 port,
    RJ-11, RJ-45,

    ONLY 8.800.000
    ONLY 8.800.000

    CALL 0888 28 62666 OR JAPRI boshvan@yahoo.co.id

  18. jaeinindonesiacv September 3, 2007 pukul 8:24 am

    Pengalamanku sebagai pengusaha kecil di Indonesia.

    Saya Bambang S. Riyadi 39 wiraswasta pemilik usaha CV. JAE IN INDONESIA export manufacturing wooden round rod dowel,BBQ/Grill wood & Coconut shell charcoal, Crab Shell, berdomisili di Lampung, berdiri Tahun 1992 Sampai sekarang masih aktif, pengalamam melaksanakan ekspor Gagang Sapu (Dowel), Arang kayu, arang tempurung kelapa dan kulit rajungan ke Timur tengah, Mexico, Jepang, korea, china, New zealand, UK, Holland. yang notabene hasil produksi dibuat dari limbah hasil ikutan hutan, hasil ikutan perkebunan dan limbah pabrik hasil kelautan.
    Tahun 2006 akhir kami mendapat penghargaan DANAMON AWARD 2006 dari Harian TEMPO dan Bank Danamon. Bukannya saya bangga dengan hasil penghargaan itu melainkan saya sebagai anak bangsa bangga dengan telah berbuat sesuatu bagi orang-orang yang tak dapat berbuat sesuatu untuk sama-sama menghasilkan dollar untuk kepentingan hidup, mengerjakan apa yang bisa dikerjakan, memanfaatkan waktu dengan tidak sia-sia, tapi yang menjadi pertanyaan besar bagi saya apakah penghargaan itu dapat bertahan apabila tidak didukung oleh pemerintahnya? Memanglah sangat sulit bisa hidup di Indonesia ini, Bukan penghargaan yang kami harapkan tetapi dorongan untuk dapat eksis bagi usaha-usaha kecil untuk dapat bersaing dan bertahan melaksanakan usaha bahkan dapat berkembang. Sungguh tidak dapat perhatian kami melakukan ekspor sejak kami mendirikan usaha sumbangan devisa sudah dilakukan, mengurangi pengangguran menambah lapangan usaha tapi cenderung jalan ditempat seharusnya dari tahun 1992 sampai 2007 haruslah berkembang. Mengapa? Perbankan masih setengah-setengah dalam melaksanakan pinjaman modal usaha, pemerintah hanya slogan politis saja akan membantu usaha kecil, kenyataannya memang sulit. Agunan kami sudah mengumpulkan untuk memuluskan mendapatkan tambahan pinjaman toh masih sulit. Credit expor terlalu tinggi, pembayaran luar negeri under Collect dengan menunggu pembayaran dilakukan oleh pembeli memakan waktu lama sedangkan cost harus keluar untuk membayar karyawan, bunga bank,bahan baku, transport, produksi sampai pengiriman harus dibayar cash. bagi yang mempunyai modal 3x lipat dari nilai transaksi tidaklah bermasalah,sebaliknya bagi yang mempunyai modal 1 x dari nilai transaksi akan bermasalah bahkan cenderung bangkrut. Sudah berapa banyak pelaku usaha yang bangkrut pemerintah tidak mendengar keluhan. Wajar saja bila banyak manusia-manusia produktif di negeri ini tidak dapat mengembangkan kreatifitasnya di negri ini, Pak habibie pun orang pintar lebih suka tinggal di jerman. Orang pintar di negeri ini banyak tapi tidak mampu berkembang dan mengembangkan negaranya. saya mempunyai keyakinan bila tenaga-tenaga kreatif disatukan untuk membangun bangsa diberi support untuk dapat menghasilkan yang berguna Indonesia akan JAYA. Berilah modal usaha,mereka akan ikhlas membayar pajak untuk membangun negri. Usia non produktif seperti usia anak-anak dan usia lanjut akan terayomi oleh usia produktif, mereka tidak perlu bekerja keras bagi anak-anak dapat sekolah dan usia jompo dapat beristrahat dengan tenang tidak lagi memikirkan makan karena semua adalah tanggungjawab usia produktif. BERUSAHALAH jangan banyak bicara, Pemerintah doronglah jangan slogan-slogan politis saja BUKTIKAN, Indonesia MAJU.

  19. Listy September 24, 2007 pukul 5:07 am

    Buat cak,
    kalo pengen belajar wirausaha jualan pakaian, saya pernah baca blognya pak fuadmuftie, kebetulan dia punya toko busana muslim juga,blognya bagus, inspiratif, silahkan baca di http://fuadmuftie.wordpress.com atau klo coba search di google judul web nya: jadi pengusaha yuk!

  20. Fuad Muftie September 28, 2007 pukul 9:43 am

    He.. he.. he… makasih Bu Listy udah dipromosiin. Salam kenal buat semua. Wah saya ketinggalan nich baru tahu ada blog usaha.wordpress.com, ijin saya link ya.

    Sukses buat semua

    Jadi Pengusaha Yuk!
    Salam FUNtastic
    Fuad Muftie

  21. sari September 28, 2007 pukul 12:21 pm

    sy dan suami adlh kary swasta di perusahaan yg sama, dgn jam kerja sistem shift. Kami berniat membuka usaha minimarket? Bagaimana memulainya dgn pengetahuan yg NOL ttg bisnis ini????

  22. dewo September 29, 2007 pukul 12:53 am

    @ Dear Sari,

    Anda ingin membuka usaha minimarket sebagai franchisee atau dengan brand Anda sendiri? Jika Sari & suami sama-sama memiliki pengetahuan yang NOL, maka lebih baik jika memilih menggunakan franchise, misalnya dengan Alfamart, Indomaret, Hero, dll.

    Dengan franchise, Anda tidak terlalu harus sepenuh waktu mengelola minimarket Anda karena semuanya sudah ditangani tim manajemen franchise. Anda hanya perlu membayar biaya franchise dan menyediakan tempat. Sisanya akan di-setup oleh franchiser.

    Salam.

  23. dewo September 29, 2007 pukul 1:11 am

    @ Dear Fuad Muftie,

    Terima kasih telah berkunjung. Semoga blog ini dapat bermanfaat. Amin.

    Salam.

  24. sarinah Oktober 31, 2007 pukul 9:01 am

    hallo,
    maaf saya tdk berkomentar,tp malah ingin meminta saran
    bisnis apa yg cocok untuk sy,sy ada modal,tp sy msh ga th mau buka usaha apa,thank’s utk saran nya.dan tlg balas di email sy.

  25. ranuh November 4, 2007 pukul 5:15 pm

    saya seorang pengusaha baru yang bergerak dibidang jasa fotocopy dan alat tulis yang menurut saya sangat lengkap darimulai karyawan sampai anak sekolah dalam satu tempat saya juga menyediakan isi ulang pulsa dan juga sangat lengkap yang jadi permasalahan usaha kami didukung oleh penduduk sekitar karena memudahkan mereka untuk fotocopy dan setipa hari omset penjualan retailkami selalu mengalami kenaikan yang sangat banyak sehingga kami sangat kwalahan dalam melayani konsumen dan pelanggan banyak yang komplain karena keterbatasan tenaga dan keterbatasan mesin fotocopy dan kelemahan ynag lain adalah saya belum memasukan pembukuan sehingga pembukuan yang kami lakukan masih dalam tahap semrawut. saya minta solusi yang terbaik buat rekan2 yang mengalami hal yang sama ?
    terima kasih

    • Inyong Juni 24, 2009 pukul 3:31 am

      Lokasinya dimana Mas, gemana kalau kita kerjasama aja atau mungkin mau nambah karyawan, saya punya operator fotocopy. Kebetulan kami juga usaha di bidang fotocopy tapi belum begitu ramai. Silahkan Anda email ke kami mbahkendil71@yahoo.com

  26. nadia shafira November 14, 2007 pukul 7:45 am

    saya pengusaha fotocopy di serang banten, tapi saya kesulitan mendapatkan kertas yang murah dan berkualitas. Barangkali ada temen2 yang tau distributor yang cocok untuk wilayah serang?

  27. fahri November 29, 2007 pukul 11:44 am

    Saya mau coba usaha jualan kerudung,klu ada yang tau tempat jual kerudung yang murah info ke saya yah.

    trim’s
    Fahri

  28. Deby Desember 19, 2007 pukul 2:57 pm

    Senang jumpa dengan rekan entepreneur, mohon denngan segala hormat, bila berkenan mba dan mas yang punya waktu, sudi keiranya untuk bergabung di bisnsi_Center@yahoogroups.com ||

    http://groups.yahoo.com/group/Bisnis_Center/

    sekaligyus bantu menjadi moderator

    trims,
    Deby

  29. sukur Januari 5, 2008 pukul 2:22 am

    blog bagus saya link ya..

  30. hitori Januari 24, 2008 pukul 12:57 pm

    hallo mas2 dan mbak2..yang saya hormati, saya ada rencana bisnis setelah selesai magang dijepang, tapi saya masih bingung mau bisnis apa, karena saya belum tau kondisi indonesia sekarang ini, tapi kalau saya gak direncanakan, maka nanti akan lebih bingung lagi dalam menentukan kegiatan saya, kepada mas2 dan ibu2 mohon sarannya…..please…onegaisimasu..

  31. wir Januari 30, 2008 pukul 11:40 am

    Itu tergantung dari modal yang ada, biasanya bisnis yang pas adalah yang ada bau jepang-nya, misal export barang kerajinan ke jepang atau import dari jepang dan jual disini.

  32. agus Februari 5, 2008 pukul 6:34 am

    sayah senang sekali sharing dan bekerja sama dengan anda

  33. adam Februari 10, 2008 pukul 8:47 am

    tuk hitori klo mau usaha gabung ja yuh
    q jg lg d jpn jga

  34. Pams Februari 12, 2008 pukul 10:53 am

    Salam Kenal Semua,

    Menurut saya kalau mau jadi pengusaha jangan banyak mikir dan bertanya, lakukan saja …just do it.
    Action yang penting. kalau mo lihat coba buka di http://www.modalpengusaha.com/?id=Pamuji

    Thanks,
    Pamuji

  35. alhakim Februari 17, 2008 pukul 1:40 am

    saya suka dengan konsep Bob Sadino… kalau usaha jangan terlalu banyak mikir yang njlimet. yang penting aksi…
    Saya pernah usaha jasa ringtone… berhubung setengah2 jadinya nggak bisa untung :) tapi it’s ok itung2 buat pengalaman… Tapi, kalau kita niat usaha memang nggak boleh setengah2 harus total kalau ingin cepat berhasil. just 2 my cent :D

  36. yahdi_amuntai Februari 20, 2008 pukul 12:49 pm

    Saya berpendapat kebanyakan para pebisnis baru silau dengan keberhasilan dan segera mungkin menjadi bos serta menjadi jutawan. Kemudian mereka terjun ke dunia bisnis secara gegabah untuk menciptakan uang. Jadi tujuan mereka hanya uang dan kehidupan yang lebih baik. Justru impian mereka tidak menjadi kenyataan karena mereka tidak memiliki keahlian dalam berbisnis. Untuk itu berpikir tanpa bertindak nol besar. Namun bertindak tanpa keahlian/berpikir = bunuh diri.

  37. muin Maret 6, 2008 pukul 8:16 am

    mas saya punya usaha air isi ulang dulu pertama kali saya buka penjualan lumayan tapi saya sejak saya pindahkan ke rumah saya penghasilan berkurang tempat usaha yang dulu saya kontrak berhubung habis kontraknya
    maka saya pindahkan.Saya minta saran bagimana cara meningkatkan omset penjualan saya

    sebelumnya saya mengucapkan terimakasih saran dari mas

  38. arrohwany Maret 11, 2008 pukul 7:20 am

    Nasehat yang berharga
    Jazakallahu khairan…

  39. Horacio Maret 12, 2008 pukul 7:31 am

    Buat Pengusaha fotocopy,

    Saya ada rencana ingin membuka usaha fotodopy, saya belum berpengalaman dalam bidang ini. Bisakah ada yang membantu saya, mulai dari pemilihan dan pembelian mesin fotocopy, accesories pendukung dll. Thanks

  40. Mustain Jiddan Maret 14, 2008 pukul 11:21 am

    Assalamu alaikum Wr. Wb
    Saya banyak belajar dari kesalahan… Baik kesalahan dari saya sendiri maupun kesalahan2 dari orang lain baik yang sukses maupun yang gagal…
    Namun Saya Harus mengingatkan kepada teman2 jangan terkecoh dengan kata2 orang itu ada di atas kadang ada di bawah… berusahalah untuk ke atas dan setelah di atas bertahan sekuat mungkin shingga kita tidak jatuh ke bawah… dengan mengimbangi kecepatan roda.. semakin roda berputar cepat semakin cepat kita mengimbanginya…
    Jujur.. disiplin… dan berdoa…
    Tidak ada shio2 an… tidak ada untung2an… tidak ada jimat2an.. berdoa.. berusaha tawakal kepada Allah… Keep Jadilah Wirausahan Yang Memegang Tali Sunah Dan Alquran…
    Dunia dapat akhirat dapat…
    Assalamui alaikum Wr. Wb.

  41. rozi Maret 16, 2008 pukul 1:34 pm

    permisi mas,mbak saya numpang ikutan rembug boleh kan,
    tentang maslah usaha dan pengusaha.saya setuju banget ma pendapat bin saran2 di atas. kebetulan saya memiliki usaha kecil berupa pengetikan dan toko ikan hias air tawar dan peralatannya.lokasinya dirumah saya.
    penghasilan keuanya lumayan lah kalo buat jajan.
    tapi saya ingin berkembang.kebetulan saya pingin usaha semacam distro,dan warnet,saya berdomisili di surabaya,lingkungan rumah saya,rata2 berpenghasilan menengah.yang ingin saya tanyakan atau minta saran.dimana saya bisa mencari suplier baju gaul& modis dengan harga yg murah dan kualitas yang bagus. trus belakangan marak pembagian kompor gas gratis.saya berpikir untuk menjual tabung gas tapi persis di depan rumah saya sudah ada yang mendahului.apa saya tetep jualan gas LPG atau saya cari usaha lain.maaf saya orang awam didunia maya kayak gini tapi klo saya liat tv khususnya metro tv yg sering memberikan tontonan yg mendidik dalam dunia usaha pendidikan dan sosial bukannya saya promosi tapi saya udah bosan dibodohi tv dgn acara sinetron dan gosipnya.banyak orang indonesia yg sukses dengan bisnis di dunia maya ,sebenarnya bisnis apa saja yg bisa dilakukan di dunia maya?
    terima kasih

  42. Ha Ge Maret 17, 2008 pukul 7:27 am

    @Mas Rozi
    Kalo didepan rumah mas sudah ada yg jualan Gas Elpiji sebaiknya jangan jual Elpiji lagi lah, gak enak aja sama tetangganya. Coba jual yg lainnya aja.
    Saya sekarang ada buka Kios jualan Pulsa, setelah 1 tahun lebih gak lama didekat saya ada juga yg ikutan jual pulsa, yah….rasanya gimana gitu. Tapi kita gak bisa ngelarang juga, karena kita gak punya hak utk ngelarang orang jualan. Selama gak mengganggu kita yah saya biarin aja, tapi Alhamdulillah karena saya sudah ada pelanggan jadi penjualan gak ada masalah.

  43. rozi Maret 19, 2008 pukul 5:00 am

    makasih buat mas ha ge buat sarannya.
    kemaren hari aq diskusi ma temenku soal binis elpiji yg ternyata butuh modal yg lumayan gede.
    buat tabung 3 kg aja butuh modal 154rb 1 tabung dgn minimal pembelian 10 tabung.klo gini caranya BEPnya bakal lama.tapi kata temen aku klo mau usaha jangan dipikir kapan bep n kapan untungnya tapi inget berapa banayak ruginya jadi kita dah siap klo mau mulai usaha.bener ga?
    saya minta pencerahan donk ttg bisnis pulsa hp:krn menurut itungan saya dengan modal yg hampir sama dgn bisnis elpiji dan profit yg lumayan mepet/kecil.kok sekarang menjamur bisnis pulsa hp?gmana itung2an modal n profitnya?istilah M kios dll itu artinya tolong dijelasin
    thx

    • Anank Oktober 24, 2009 pukul 4:14 am

      bisnis pulsa aja mas Roz, laba pulsa rata Rp.500-1500 tergantung nominal pulsa yg dibeli. Sebagai contoh hrg jual simpati 20rb adalah 21rb, padahal harga net nya 19600, jadi labanya 1400. Kalo tertarik silahkan hub saya via email aja, nanti saya tunjukkan tempat kulak pulsa yg murah, stabil dan aman. bahkan laporan penjualan bisa diliat di websitenya.

    • Anita November 20, 2009 pukul 8:03 am

      maaf,saya ikut nimbrung.Saya berminat utk buka usaha jual
      pulsa dan casing hp sekalian usaha fotocopy kira2 ada yang bisa bantu ga,dimana tpt jual yg murah dan bermutu.
      Terima kasih

  44. ais Maret 30, 2008 pukul 2:19 pm

    saya setelah pulang dari jepang ingin membuka wirausaha bengkel motor sekalian jual sparepart motor .gimana cara mendapatkan distributornya. tolong kritik dan saran anda. onegaesimas

    wassalam
    2008-3-31

    ais

  45. Muhamad Torik April 1, 2008 pukul 5:20 am

    Assalamu’alaikum,

    Memang tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.
    Kalo kita berniat untuk memulai usaha, tetapkan hati.
    Ingat jangan pernah berharap lebih. Tapi berharaplah keniscayaan dalam berniaga.
    Setiap berniaga pasti ingin untung. Tapi…. ingat !!!
    Saya salah satu yang tidak sepakat dengan Prinsip ekonomi : “dengan modal yang sekecil-kecilnya mendapatkan untung yg sebesar-besarnya” — that’s mistake
    Saya sepakat dengan Bpk. Mustain Jiddan.
    Jujur. Disiplin. Konsekwen. Pantang Menyerah. Terus Belajar.

    Salam.

    Muhamad Thorik

  46. andi April 22, 2008 pukul 7:59 am

    ass mas.
    saya udah lama pengen buka usaha distro/toko pakain tapi bagaimana memulai usaha tersebut dan kiat-kiat sucssess… ??? tolong mas y komentarnya.
    wss….???

  47. Pinq April 25, 2008 pukul 11:46 am

    Salam kenal mas, saya mau minta sarannya nih…
    Saya&suami berencana membuka usaha sampingan, rencananya mau buka bisnis fotocopy, pengetikan, percetakan undangan, sama download aplikasi hp+ringtone+wallpaper, sama stationary juga. Kebetulan di daerah sekitar rumah belum ada yang berbisnis kayak gini, jadi kami memutuskan untuk menjalankan bisnis ini. Saya memang sudah sering menerima pesanan cetakan undangan2 gt krn ltr belakang pendidikan saya juga di bidang Computer. Dulu pernah kerja kantoran tapi stlh menikah suami meminta saya u/ berbisnis di rumah saja.
    kira-kira berapa modal yang harus saya siapkan? dan apa2 saja yang harus saya siapkan? Saya juga meminta pendapat tentang cara memberi upah karyawan. soal tempat usaha sudah ada dan lokasinya cukup strategis.

    terima kasih untuk bantuannya.

  48. riza Mei 8, 2008 pukul 7:51 am

    sukses fotocpynya chayOOOOOOOOOOO!!!!1

  49. Ha Ge Mei 29, 2008 pukul 4:23 am

    @rozi
    kalo mau bisnis pulsa HP coba cari aja di om google banyak ko’ yg nyediain tinggal pilih aja mana yg kira2 cocok dari segi harga modal, lokasi dll. hati2 juga jgn sampai tertipu harga yg murah…. :D

  50. Azza Juli 1, 2008 pukul 2:16 pm

    saya tertarik dengan bahasan tentang bisnis fotocopy yang ada dalam kolom ini. tapi saya minta informasi masalah tempat membeli mesin fotocopy yang ada di wilayah sekitar probolinggo yang bagus layanannya dan murah harganya,juga di mana untuk kulakan bahan-bahan kertas fotocopy serta ATK. kalau ada yang tau harga mesin foto copy yang bagus itu untuk usaha pemula baru atau second rekondisi.thanks jawabnanya

  51. ahmad Juli 8, 2008 pukul 2:06 pm

    Saya pingin bisnis foto copy , saya terampil fotocopy pengalaman di foto copy sudah 5 tahun mpe sekarang lag skripsi , bisa komputer, bisa jilid hard cover, saya tahu kerusakan mesin jika ada masalah saya tahu. sya bekerja sama sodara cuman penghasilan tidak mencukupi sya mau buka lum ada modal saya mau mengolah modal barangkali ada yang mau ada yang mau invest hubungi saya di 081310132594 a/n Yuli .

  52. candra Juli 19, 2008 pukul 3:02 pm

    tulisan anda menarik.
    memang saya akui untuk memulai merupakan hal yang paling sulit.
    kadang tidak berani mengambil resiko juga menjadi faktor penghalang…terlebih lagi berkenaan dengan modal yang cupet.
    kurang pengalaman dalam managemen diri juga perlu diperhatikan. kadang faktor internal yang cukup menghambat.
    tapi hal yang paling penting adalah kemauan untuk terus berusaha..
    semoga sukses untuk semua..
    tetep semangatttt….
    silahkan gabung di candra_finishing@yahoo.com

  53. Endang S Juli 25, 2008 pukul 4:55 am

    Halloo saya nimbrung ya, saya pingin buka usaha jahitan, tp sy blm punya keahlian, dmana ya kursus yg tidak mahal krn dana terbatas

  54. desy melinda firdaus Agustus 23, 2008 pukul 4:07 pm

    setiap manusia sudah dibekali potensi masing-masing jadi kenali diri untuk menentukan usaha apa yang tepat bagi kita sendiri n yang pasti berani terus pantang mundur….

  55. dinny September 3, 2008 pukul 6:30 am

    suami saya bekerja di slah satu prusahaan, sebagai kepala bagian. saya tahu dia sudah jenuh sekali dgn pekerjaannya.setiap hari selalu ada pekerjaan yang menumpuk…dan slalu saja ada anak buahnya yang membuat masalah..kami barpikir….kami tidak bisa slamanya seperti ini.kami harus berwirausaha..tapi kami bingung untuk menentukan usaha apa yang akan kami jalankan..karna dgn berwirausaha uanglah yang bekerja untuk kita,,bukan kita yang bekerja untuk uang..pleh karena itu,, bantu kami untuk menemukan jenis usaha apa yang cocok untuk kami..masukan2 untuk berwirausaha apa sangat kami butuhkan ..

    terimakasih..

    ^_^..

  56. arif September 14, 2008 pukul 4:42 am

    saya membuka usaha dengan modal pinjaman dari bank dan orang2 disekeliling saya, mohon saran dan pendapatnya agar saya dapat mengelola hutang-gutang saya itu

  57. rudi November 1, 2008 pukul 6:41 am

    Mas, Bha maaf sy tdk mengasih komentar tp minta tolong untuk memecahkan msl sy sekarang ini. sy agen surat khabar sekarang2 ini omzet turun drastis bisa dibilang pengeluaran yg wajib lbh besar dibanding pemasukan oleh krn itu sy bikin mencari usaha tambahan yg bisa mengkaper pengeluaran sy dan kalau bs ada lebihnya tp yg saya bingun saya merasa tdk ada kemampuan yg menonjol dan hobi yg dpt aku salurkan dlm membuka usaha baru itu untuk itu sy minta saran lebih baik saya memeulai dari apa dulu untuk keterangan daerah kami cukup kecil hanya di kecamatan yang tingkat kemampuan beli kecil (menengah ke bawah )maaf kl bisa balesan ke Email saya

  58. apit November 13, 2008 pukul 12:43 pm

    saya tertarik dengan blog ini.Bagaimana cara bergabung dengan anda?

  59. agun November 14, 2008 pukul 2:11 pm

    Halo, bagus banget blog nya.
    Iya yang paling penting dalam usaha adalah BERANI MEMULAI dan TAHAN BANTING menghadapi kenyataan. Sama sekali tidak gampang memulai usaha, cape fisik, pikiran, mental. Belum kalau usahanya tidak lancar atau banyak cobaan-cobaan lain. Sesungguhnya menjadi pengusaha = sekolah mental di dunia nyata. Biar berulang kali gagal tidak boleh menyerah walau sekalipun, karena banyak sekali pengusaha2 yang sukses tadinya benar2 jatuh berulangkali. Yang membedakan yang sukses dengan yang tidak adalah : yang sukses selalu bangun lagi tidak peduli berapa kalipun jatuh.

    Salam kenal buat pengusaha sekalian.

    Kalo sempet, jadi temanku yah di http://www.friendster.com/bebekkangen

    Makasih

  60. Ababil Ponti Desember 10, 2008 pukul 5:58 am

    Mohon kalau ada info distributor mesin fotocopy sekend di wilayah Pontianak dan sekitarnya

  61. siswanto Januari 9, 2009 pukul 3:39 am

    sukses menyukai orang yang bergerak.jagan menyerah untuk mendaki teruslah mendaki sampai anda sukses..bahagiakanlah dirimu dengan memulainya dengan kata-kata..tirutu ak SBY yang pemberani dan juga suci ikiran,perkataan,dan perbuatan smg Allah memberi rahmat keadanya….Amin

  62. siswanto Januari 10, 2009 pukul 2:35 am

    Assalamu’alaikum..mas saya minta tolong buatin poroposal usaha fotocopy dan juga kasih tahu cara berbisnis fotocopy yang baik..terima kasih ….jawaban yang mas berikan sangat bermanfaat bagi saya..dan smg Allah.SWT yang akan membalasnya semuanya.. juga bagi semuanya yang bisa membantu saya tolong ya////

  63. Karim Februari 7, 2009 pukul 11:38 am

    Kpd Semua rekan…

    Saya belum berani untuk mulai bisnis dgn modal sendiri…jadi saya masih belajar dengan iku saudara..

    Menurut apa yang saya alami…

    1. perlu jeli melihat apa yang dibutuhkan pasar..

    2. Punya ‘Link’ “kerabat” “koneksi” atau apalah namanya, yang networknya bagus..
    karena sepintar apapun kita dan sekaya apapun kita kecil kemungkinan utk bisa SANGAT SUKSES dalam wirausaha tanpa punya LINK yang bagus dan tepat

    apalagi di Indonesia ini semua serba koneksi…

    maaf apabila pendapat saya salah.

    terima kasih…semoga sukses

  64. muchtar Februari 18, 2009 pukul 2:23 am

    Assalamu’alaikum, Salam kenal Mas
    Mas saya dapat pinjaman dari kampus Rp 30 jutaan, buat wirausaha.. bagusnya usaha apa ya mas, temen-temen nyaranin mendingan usaha gas lpg 3 kg or usha bioetanol. gmana mas ya..klo bisnis lpg 3 kg bukannya harus budget??terima kasih

  65. Mas Her Maret 11, 2009 pukul 6:14 am

    sy lg gregetan u’ berwirausaha fotocopy n ATK, Toko sdh ada lokasi pinggir jalan tetapi didesa (ada beberapa sekolah SD)….skrg lg cari-cari pengalaman orang dlm bidang usaha tersebut. Tolong kalo ada yg tahu nyari alat2/mesin2 pendukung u’ bisnis fotocopy kaya’ mesin laminating, press, pelobang n pemotong kertas di SOLO.

  66. wawan Maret 15, 2009 pukul 3:45 pm

    saya dan saudara saya ingin memulai buka usaha warung makan di jogja,karna kami orang jogja asli.
    kami ingin membuka warung yang isi/menu utamanya adalah sayur.seperti sop, aneka Jangan, dan lain-lain.
    karna kebanyakan yang kami temui adalah goreng2an dan bakar2an.(ayam goreng/bakar, ikan goreng/bakar, bebek goreng/bakar, dll.)

    tolong dong bagi-bagi ilmu bisnis ke kami..

    trima kasih…

    salam super..

  67. davidrizaldy Maret 24, 2009 pukul 1:25 pm

    saya adalah serang pekerja yang ingin mencoba berwirausaha. bidang usaha yang saya pilih yaitu menjadi supplier footstep untuk truk built-up. selama ini metode pemasaran yang saya lakukan masih sebatas pada cara lama, yaitu door to door. saya ingin mencoba metode pemasaran baru melalui internet. saya ingin memasarkan produk saya melalui blog saya. menurut anda bagaimana caranya agar blog saya cepat dikenal masyarakat luas? jujur saya tidak mempunyai cukup informasi dan pengetahuan mengenai bisnis di internet. tolong beri saya saran….

  68. Willy Maret 25, 2009 pukul 7:20 am

    @kikifotocopy

    Bisa kasih tau saya dimana anda membeli stationary yang murah untuk mendukung usaha fotocopy Anda ?? Karna saya ada niatan untuk membuka usaha fotocopy…Terima kasih atas bantuannya

    Salam sukses

    bekasi

  69. Jockee April 1, 2009 pukul 4:39 pm

    salam kenal rekan-rekan…start action now for beranimulaiusaha…small doing the dreams will be come true…silakan share, opini n komentarnya di blog saya..www.beranimulaiusaha.blosgspot.com

  70. eva April 6, 2009 pukul 4:39 pm

    salam kenal rekan-rekan..numpang sedikit komentar…saya baru mulai berwirausaha 1 tahun yg lalu dan ternyata hasilnya cukup bagus asal digeluti dengan serius dan fokus pada tujuan utama memulai suatu usaha..bagi siapapun yang bernisat wirausaha, tidak usah takut akan keterbatasan modal usaha. yang penting lakukan dengan segera…masih banyak terbentang kesempatan untuk berwirausaha. apapun jenisnya..silahkan kunjungi http://rumahnikita.multiply.com…selamat mencoba

  71. indra sakti April 12, 2009 pukul 8:25 am

    salam kenal semuanya,,,saya sekarang lg bekerja di luar negri,pengin sekali punya kios untuk usaha foto copy,tp lg bingung cara memulainya,mohon saran rekan2 semuanya,trima kasih.

  72. WAWAN April 23, 2009 pukul 7:35 am

    TOLONG INFORMASINYA YA

  73. Risa Mei 3, 2009 pukul 5:31 am

    Untuk pak Kiki
    Saya sedang menjalankan bisnis fotocopy sekarang,
    sudah berjalan 3 bulan (omxet rata2 200rb/hari),
    ada beberapa hal yang mau saya tanyakan:
    1.menurut bapak berapa omzet ideal/bulan untuk usaha fotocopian yang sehat?
    2.Hitung-hitungan cashflow yang baik seperti apa ya pak?
    termasuk pemasukan, biaya tetap dan variabelnya? gaji karyawan perbulannya
    berapa ya pak?
    keliatannya marginnya tipis ya pak, jd kita hatus ati2
    3.saya buka fotocopi di daerah kampus, bagaimana tips agar kita mampu
    bersaing dengan yang lain? ada yang usul jadi masternya soal2 ujian
    dan diktat, selain itu pak?
    mohon bimbingannya pak, terimakasih
    Tolong dibalas ya…

  74. rahmat Juni 2, 2009 pukul 11:32 am

    salam kenal….boleh dong gabung di Blog ini,bgmn caranya..?

  75. alli syamsudyn Juni 2, 2009 pukul 2:37 pm

    skrg ini saya masih memikirkan kira-kira usaha apa ya yang pantas buat saya.saya mahasiswa smester akhir t.sipil jujur aja skrg blm ada gambaran yang pas buat saya lakukan tlg beri solusi buat saya melangkah kedepan thanks!!!!!

  76. supriyono Juli 10, 2009 pukul 11:28 am

    Untuk memulai sebuah usaha ga perlu banyak pertimbangan, yang penting ada kemauan.. dulu saya seorang pekerja di pabrik, karena punya teman banyak, mereka pasti punya HP.Ini peluang…, saya bersama teman yang punya pengalaman di dunia telekomunikasi mendirikan sebuah usaha. Server pulsa..dengan gigih saya sebagai marketer menawarkan usaha kepada teman2 di pabrik, untuk ikut tergabung dalam menjual pulsa..dan lama kelamaan banyak teman2 yang ikut.mereka berjualan di dalam pabrik maupun membuka kios pulsa di rumah dan dijalankan setelah mereka pulang bekerja.
    dan sekarang saya keluar dari pabrik, fokus ke pengembangan usaha…

    Jika ada teman2 yang mau ikut jualan pulsa, modal yang dibutuhkan cuma 50 ribu perak..anda bisa menjual pulsa seluruh operator ke seluruh nusantara…
    berminat silahkan email ke :
    sup121_yono@yahoo.co.id
    0813-1721-1982 (supriyono)
    akan kami kirim list harganya

  77. harry Juli 27, 2009 pukul 6:32 am

    ikut gabungan dong!!!

    tolong dong carikan saya distributor mesin fotocopy yang ada di kota klaten! karena saya mau buka usaha fotocopy di rumah! dan juga distributor untuk kertasnya juga. klo bisa harga mesin fotocopyny berapa and bisa di angsur apa ngk.

    terima kasih klo mau kasih info

  78. harry Juli 27, 2009 pukul 6:33 am

    tolong kirimkan infonya ke alamat email saya.

    harry_sinyo@yahoo.co.id

  79. humorissibagariang Agustus 1, 2009 pukul 4:32 pm

    Trimakasih atas infonya,,,… SMOGA SUKSES SLALU

  80. wantoe Agustus 5, 2009 pukul 10:23 am

    saya merintis usaha kecil-kecilan kebetulan saya sekarang setatusnya masih karyawan swasta mungkin 3-4 bulan lagi saya memastikan keluar kerja,saya akan memfokuskan pada usaha ini karena jadi karyawan terus aku tdk akan maju dan harus berani untuk sukses.

  81. ahmad Agustus 22, 2009 pukul 9:35 am

    saya punya pengalaman di bidang fotocopy saya bisa servis untuk perawatan sendiri type canon 6650, karena selama 7 tahun lebih sya bekerja di di toko foto copy dan ATK hingga saya bisa lulus kuliah tahun 2008 sekarang sudah bekerja di sebuah perusahaan farmasi sebagai marketing dari sejak kuliah saya pingin memiliki usaha foto copy sendiri namun keterbatsan modal sampai sekarang belum terlaksana mohon saran bagi siapa saja yang membaca tulisan saya matur suwun.

  82. arief September 5, 2009 pukul 4:01 am

    bulan depan foto copy aq buka hanya bermodal bonek isinya: masing-2 1 unit Canon 6545, Estalase kosong 2m, papan gunting, kertas steples besar, Pres plastik 40cm, ruang 4×5 dan sedikit perlengkapanya. Yang jadi masalah saya tidak punya pengalaman di bidang ini (just do it) mungkin ada yg sudah pengalaman bisa kasih masukkan apa yang perlu ditambah, dipelajari, diantisipasi dll. Lokasi menurutku strategis karena tempat FC yg lain jauh 1km dan ramai sedangkan aku dekat dengan sumbernya SD,SMP Kantor. Kalau di Madiun dimana tempat beli perlengkapan FC dan ATK yang kopetitif. Aq baru pindah dari SBY dan semua belinya di sana. Sekalian kalau ada analisanya/BEP atau yg lain biar aku bisa berhitung dan pinter… rencana tarif niru tetangga walau ngak tahu maksudnya/macam pengerjaanya

    Lokasi aq
    di pedesaan antara Madiun Magetan

    thx

  83. Putra Cartenz September 8, 2009 pukul 4:40 am

    dimana ada kemauan keras disitu pasti ada jalan untuk berwirausaha

  84. zei Oktober 3, 2009 pukul 2:17 am

    saya zei, tinggal di medan..jika kamu pengen buka usaha fhotocopy bisa hub dino.081260148144. Sya bisa siapkan mesin f.copy merk xerox rekondisi 90%, garansi service 1 tahun..bisa cicil 3x. Ada jg jual kertas..atau pengen frinchase copy

  85. syahruna Oktober 9, 2009 pukul 4:14 am

    saya sangan ingin sekali berwirausaha, mohon bantuannya! terima kasih!

  86. kukuh Oktober 22, 2009 pukul 1:44 pm

    saya rencana mau buka usaha toko alat2 listrik dan jg servisnya, rencana saya nyewa tempatnya, yg saya mau tanyakan bagaimana perhitungan dari modal. dan berapa persenkah uang untuk cadangan pada awal2 tahun pertama.

  87. kukuh Oktober 22, 2009 pukul 1:46 pm

    terimakasih mohon bantuannya pak?

  88. choirudin Oktober 25, 2009 pukul 5:52 pm

    btw bagi yg suka bisnis makanan silahkan hub saya di no 087881564309

    saya punya ide bisnis makanan yg benar2 unik dr segi rasa dan namanya

    bahkan di indonesia baru ada satu tempat yg jual dan itu sgt rame pelanggannya

    dalam sehari omset minimal 500rb-1jt

  89. Johan Oktober 26, 2009 pukul 2:38 am

    Saya ingin pencerahan dari para pengusaha foto copy yang sudah sukses maupun yang baru merintis, saya tertarik dengan usaha ini untuk mendukung usaha warnet saya yg sudah berjalan hampir 1 tahun.

  90. Sri November 10, 2009 pukul 9:37 am

    Alo met kenl smua.tlg dong bg tips wirausaha pa yg baik.krn sy ada diluar negri.sy pgn stlg pulg punya usha mandr.jd gk kepirn blk keluar negri.maksh

  91. zahra Desember 8, 2009 pukul 1:09 pm

    saya mahasiswi, mf berkenankah anda melampirkan apa-apa saja hambatan dalam berwirausaha???,,,,,,,,,,, ada pa g? dan seberapa besar????

  92. zahra Desember 8, 2009 pukul 1:15 pm

    berkenankah anda melampirkan hambatan apa-apa saja dalam berwirausaha???

  93. Awan Desember 30, 2009 pukul 8:37 am

    Bagi yg ingin memulai usaha ftcopy yg hrus disiapkan antara lain : daya listrik minimal 2200w (untuk 2 mesin ftcopy),pake mesin second canon tipe NP6650II (paling banyak dipake copycenter~ harga 7 s/d 18 jt trgantung kondisi mesin), alat potong kertas besar (harga sktar 2jt), alat potong kertas kecil (hrg 250), mesin laminating (650), mesin pres (250), staples besar (cari merk MAX trbukti awet -hrg 700),etalase 1,5 m untuk ATK (700),lemari kayu pxlxt 2mx60cmx1,2m (utk tmpat kertas+dtempatkan bgian dpn toko), krtas ftcopy 60gr ~10rim @ 23rb- krts sidu A4s 5rim @27rb F4 sidu 5rim @31rb krtas cover -beli 4 warna muda dlu aja :pink,ijo,biru,kuning @18rb (awal buka bisa utk kbthan 1-3 minggu),plastik lminating ukuran folio+KTP, plastik pres,dll ^ untuk tempat beli mesin+prlengkapanya cari aja di koran bag. Iklan kecik (tp hati2 biasany anda akan disarankan selain mesin yg ak sebut diatas,tp klo anda mau ya ndak papa tp resiko sering servis ya.. udah menanti),utk kertas cari aja tempat pmotongan krtas trdekat ato di grosir ATK, itu aja.. smoga brmanfaat, SELAMAT BERUSAHA + JANGAN PUTUS ASA + JANGAN LUPA BERDOA … KARENA ALLAH SWT PASTI MEMBERIKAN SETIAP YG DIMINTA HAMBANYA… AMIN

    • nazar Maret 27, 2012 pukul 4:02 pm

      mohon maaf sebelumny bang,,q pengen konsultasi langsung lewat telpon mengenai usaha fto cpy pemula,,klau boleh q minta no telp sama email..unt no tlp q 081901991922

  94. devia arisandi Januari 28, 2010 pukul 9:35 am

    klo buka usaha warnet gimana saran-sarannya? apa aja yang di butuhkan

  95. adit Februari 13, 2010 pukul 6:52 am

    sya buka usaha conter hp dan pulsa sudah kurang lebih satu tahun ini.slama ini saya slalu mengalami kesulitan2 yang gak terduga,sampai setahun ini saya belum merasakan kemajuan apapun bahkan semua yang saya punya justru habis meninggalkan hutang yang lumayan banyak buat ukuran saya.sebenarnya saya sudah diuntungkan dengan kios milik orang tua jadi saya tidak membayar sewa untuk sementara sampai usaha saya berjalan.tapi selang satu tahun ini saya belum juga mampu untuk menyisihkan uang untuk sewa kios,bahkan laba tidak menutup operasional walau saya sudah sangat irit.conter saya termasuk outlet dengan penjualan di atas rata2.gmana ya mas.tolong saya dibantu untuk dapat lebih mengerti tentang bisnis ini.tq

  96. siyamadi Februari 19, 2010 pukul 10:35 am

    bagus nih artikelnya…ijin kopas ah

  97. hakim Mei 22, 2010 pukul 3:57 am

    halo semua lam kenal ya… nama saya hakim saya bekerja pada sebuah perusahaan distributor MESIN FOTOCOPY bermerek CANNON saya menawarkan kerjasama dalam hal penyewaan, penjualan, pembelian, pengadaan spare part, servis dll dengan tipe apa saja dari harga jual 8jt – 25jt dan harga sewa dari 450rb-1,5jt per bulan dengan tipe apa saja, saya sekarang berdomisili di bandung tapi saya siap bekerjasama dengan rekan2 bisnis semua di seluruh indonesia..karena perusahaan saya hanya khusus mesin photocopy bermerek cannon saja, saya juga menawarkan kerjasama dalam hal tukar info jual,beli, sewa dll mesin2 fotocopy bermerek lain nya.. kalau rekan2 bisnis ada yg berminat ini saya cantumkan no Hp saya dan alamat e-mail saya.. HP:081932446158 E-MAIL: fathulloh.hakim@yahoo.co.id… baiklah rekan2 saya tunggu info balasan nya ya terima kasih…

  98. entrepreneur university Juni 14, 2010 pukul 9:17 am

    artikelnya lumayan menarik, memang dalam berusaha kita perlu banyak belajar dari orang lain, kita harus mampu menghadapi setiap tantangan

  99. Rahmat Agustus 9, 2010 pukul 12:20 am

    Alhamdulillah.. banyak masukan mengenai wira usaha, saya tertarik dengan wira usaha, saya seorang karyawan yang ingin berwira usaha tapi bingung mulai dai mana, dan usaha apa, namun saya tertarik dengan perikanan darat (ternak lele) dan peternakan unggas (ayam arab potensial), saya juga terinspirasi dari teman yang berwira usaha dan seorang karyawan juga..

  100. jabon Agustus 13, 2010 pukul 8:35 am

    saya memulia berwira usaha dengan menanam jabon dan menjual bibitnya

  101. jabon Agustus 13, 2010 pukul 8:38 am

    saya sangat menikmati usaha budidaya jabon ini karena ini merupakan investasi dalam pertanian

  102. ica Oktober 19, 2010 pukul 8:53 am

    Pak …
    saya adalah seorang pelajar sebuah SMK di bogor
    selama inio saya sering berfikir … saya ingin sekali
    sesudah lulus nanti bisa berwirausaha … yaitu usaha warnet dan Pemancingan + Rumah Bakar.y Donk … Mimpi Saya Ketinggian yuach … saya mau tanya Donk Apa Mungkin mimpi Saya Kecapai yuach n Kira” pa ja Yg Hrus Saya Lkukan … Byar Mimpi saya tu K’capai … Terimakasih ^_^

  103. ica Oktober 19, 2010 pukul 8:54 am

    Pak …
    saya adalah seorang pelajar sebuah SMK di bogor
    selama ini saya sering berfikir … saya ingin sekali
    sesudah lulus nanti bisa berwirausaha … yaitu usaha warnet dan Pemancingan + Rumah Bakar.y Donk … Mimpi Saya Ketinggian yuach … saya mau tanya Donk Apa Mungkin mimpi Saya Kecapai yuach n Kira” pa ja Yg Hrus Saya Lkukan … Byar Mimpi saya tu K’capai … Terimakasih ^_^

  104. ica Oktober 19, 2010 pukul 8:56 am

    Pak …
    saya adalah seorang pelajar sebuah SMK di bogor
    selama ini saya sering berfikir … saya ingin sekali
    sesudah lulus nanti bisa berwirausaha … yaitu usaha warnet dan Pemancingan + Rumah Bakar.y Donk … Mimpi Saya Ketinggian yuach hhe … saya mau tanya Donk Apa Mungkin mimpi Saya Kecapai yuach n Kira” pa ja Yg Hrus Saya Lkukan … Byar Mimpi saya tu K’capai … Terimakasih ^_^

  105. Bejo Oktober 26, 2010 pukul 4:26 am

    Selamat siang semuanya, salam….
    Bagi yg berminat untuk usaha fotocopy diwilayah Bekasi- Cikarang, kami menyediakan fotocopy exs singapore bagus dan murah merk XEROX , cocok untuk usaha dan kantor.
    Buat yg mau tanya2 dan ingin tau lebih lanjut silahkan kontak di email kami :
    fortunacopier@yahoo.com . . . . Terima kasih ^_*

  106. 997a Januari 6, 2011 pukul 9:49 am

    mau ikutan Penghasil Uang Otomatis masih ragu?
    Anda bisa mendapatkan Mesin Penghasil Uang Otomatis melalui Form Order dengan harga hanya Rp.96.000 menghasilkan uang puluhan juta dalam waktu singkat???
    busa berikan penglamanya share dunk??

  107. calon pengusaha muda yang mendambakan sukses Januari 15, 2011 pukul 2:15 am

    Berwirausawa mempunyai 3 kemungkinan, yaitu?
    1. untung
    2. rugi
    3. tidak untung dan tidak ruga.
    Nah sebagai wirausahawan harus siap menerima tiga kemungkinan tersebut.
    terimakasih

  108. nina Januari 21, 2011 pukul 5:18 am

    Saya ingin membuka usaha cuci helm, tapi belum ketemu lokasi yang pas. mungkin ada teman2 yang punya tempat, atau usaha cuci motor, atau tempat parkir di daerah jakarta selatan , kita bisa kerjasama. tolong kabari saya letak lokasi dan kalau ada gambar lokasinya. thx. ninas@windowslive.com

  109. rizky Februari 27, 2011 pukul 7:04 am

    selamat siang…….
    salam sejahtera semuanya saya mahasiswa,…saya ingin mnta saran dan msukan saya punya rumah peningglan almarhum papah saya, rumah itu nantinya ingin saya jual uangnya untuk saya buka usaha,…sebenarnya saya udah punya usaha pakaian distro tetapi mash dalam tahap pengumpulan barang saya bingung dan masih ragu, tp saya berpikir lagi ingn buka usaha warnet dan isi ulang air minum/galon…saya mohn sarannya sebaiknya apa yg saya lakukan sbelum terlambat…termakasih tolng balas diemail saya,

  110. gosyen Maret 1, 2011 pukul 4:15 am

    pagi,,,,saya ingin minta saran dari mas dewo…saya ingin sekali membuka usaha tapi saya bingung ingin membuka usaha apa buat saya dan saya sm pcr saya ingin membuka usaha cuci mobil dan motor,pertama2 yg hrs kami lakukan apa…oh iya mas aku dewo aku boleh minta no hp mas dewo gk?soalnya saya ingin minta saran lebih detail lg lwt tlp.kalo boleh tolong kirimin ke message email saya.makasih..

  111. Yudi Maret 7, 2011 pukul 3:56 pm

    Pak mohon pencerahannya bgmn berpromosi ke pabrik2 sy usaha di bidang jual beli besi tua terima kasih.,www.barokahbesitua.blogspot.com

  112. yani Maret 26, 2011 pukul 4:23 pm

    saya berdomisili di depok jakarta,,saya mau usaha buka toko alat2 listrik,,mohon sarannya modal brpa yg harus saya persiapkan,,dn dmna grosiran untuk alat2 listrik itu,,
    trma kasih

  113. Silvi Anggraini Mei 3, 2011 pukul 6:11 am

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

  114. Forum Promosi Mei 7, 2011 pukul 12:40 am

    Hallo Mas Dewo,
    mau tanya aja mas,
    itu nasehat “Seger & Pinter” dari motivator siapa yaa?
    Point yang itu baru saya temukan disini,
    dan saya suka nasehat itu
    tq sudah berbagi

  115. iyan Juli 20, 2011 pukul 12:44 pm

    haiiii saya iyan , aktifitas sekarang saya masih kuliah di univrsitas di cilegon-banten..
    saya berkeinginan untuk membuka tambak ikan serta pembudidayaan nya.
    bisakah anda semua memberikan saran kepada saya..darimana saya hrus memulai keinginan saya itu……????

  116. Joko Priyono Oktober 6, 2011 pukul 12:16 pm

    Sangat menarik … saran-sarannya

  117. Cewek gokil November 3, 2011 pukul 2:53 pm

    Nasehat yang sangat berguna.
    Ada nasehat tambahan di

    http://www.bisniscaribisnis.blogspot.com

  118. pb November 4, 2011 pukul 2:04 pm

    halo..oo..semuanya…critain tentang bisnis yaaa..atw berwira usaha ATK N FC,hari giniii…susah cari kerjaan ya..wira usaha aja..ntr sobat2 jd bosss,gak ada yg ngatur sana sini pu..zi…nk,eh…. tp jgn smau gue dong.kl uda jd bos,buat rekan yg br berwirausaha hrs berjiwa SATRIA pantang mundur ,kl sepi hari ini..bskn msh ada (next to day) blm kiamat sobat..n yg PENTING sobat ( C T R M ) CEPAT TEPAT RAPI DAN MEMUASKAN.Salam sukses slalu..FC Pulau Biru.

  119. feri p November 13, 2011 pukul 3:10 pm

    maap,, sya ndk mebriikn komen,,

    sya lg btuh ide2 usah,, pa yg cocok,,
    modal ad!
    tingl pegeraan pd bidang p,, usanya!!
    usaha ini kn sy jdkn bwt sampigan,, sj!!
    tlong brikan sran ,, usaha!!

  120. titik November 16, 2011 pukul 8:38 am

    saya juga rencana pengen buka usaha stationary dan foto copy di batam, tapi berhubung sewa tempat mahal jadi pusing, mana mesti search tempat yang strategis dmana pula lagi….minta bantu donk nasehatnya….. thanks……….

  121. erwin November 24, 2011 pukul 5:26 am

    saya jd trmotifasi dngan smua saran mau pun nasehat yg d bri,sya sngt brsykur skali krena mdal utma dr brwira usha trsebt hnya tekad niat yg sngat mendlam,sukses untk kta smua,trims

  122. wicaksonos Desember 26, 2011 pukul 7:56 pm

    asslmkm salam hormat, pengalaman adalah guru yg sngt brharga dngan blog ini sy lebih termotivasi jd interpreneur trimaksh pak mdrator jg rekan2 smua numpang info skrg sy usha penjualan papan tlis white board meja blajar tngkat pramuka meja mengaji mula2 dri jual trus bkin sendiri alhamdllah brawal dri niat,action,action&action bgi yg berminat bsa jamaah atau krjasama trimakash wasslmkm

  123. christiena putrie rahayue Maret 19, 2012 pukul 11:01 am

    saya butuh saran untuk mmbuat bisnis kecil kecilan di dlam rumah, namun apakah modal saya ini bsa mncukupi, saya mmpunyai modal sdikit cuma 500 ribu, tpi saya ingin pnya bisnis yg tdak kmana mna ( ttp d dlm rumah)..
    saya harap bsa mmbantu saya..

    • Syahputra September 13, 2014 pukul 4:09 pm

      Sbnrnya bnyk usaha yg bisa dilakukan drmh dg modal yg relatif kecil. Antara lain jualan pulsa+token listrik, membuat produk makanan/minuman utk dititipkan ke toko/warung2 terdekat, memberi les pelajaran utk anak2, membuat kerajinan tangan dll.
      Mdh2n ada yg sesuai dan berkenan.

    • Syahputra September 13, 2014 pukul 4:10 pm

      Sbnrnya bnyk usaha yg bisa dilakukan drmh dg modal yg relatif kecil. Antara lain jualan pulsa+token listrik, membuat produk makanan/minuman utk dititipkan ke toko/warung2 terdekat, memberi les pelajaran utk anak2, membuat kerajinan tangan dll.
      Mdh2n ada yg sesuai dan berkenan..

  124. rahmad sadek Maret 19, 2012 pukul 3:09 pm

    saya rahmad , bersekolah di smk negeri 5 di kota jayapura papua ,
    dalam berbisnis apakahh mmesti meminjam modal di bank ?? saya pernh mewawancarai orang yang sudah atau bisaa di bilang sukses dalam usahanya , beliau berkata bahwa sebesar apapun berbisnis atau berwirausaha sebaiknya tidak meminjam modal di bank ,
    saya masih membutuhkan beberapa info tentang permsahan di atas .

  125. Liya Javacute April 6, 2012 pukul 11:42 am

    ea bener banget…hidup tak selamanya menggantungkan diri dgn 0rg lain..
    kesuksesan adlah hasil..sdangkan prosesnya adlah hal yang perlu dperjuangkan..:)

  126. fariz April 22, 2012 pukul 12:30 pm

    kasih masukan dong,ane pingen wirausaha dalam bidang potography…
    soalnya di daerah ane masih gak ada..
    tanks..

  127. Firman Mei 23, 2012 pukul 5:25 am

    Agan…
    Saya mau buka usaha jasa komputer dan ATK, tapi sy belum menemukan suplier untuk atk, kalau ada dari rekan2 sekalian yang tau tolong hubungi saya. hp. 081355182504 / Pin 280C1023

  128. apriansyah Juni 11, 2012 pukul 3:54 am

    Tolong berikan masukan utk ku :saya pekerja di rumah sakit sebagai Ofice boy namun hasil yg di dapati sangat sedikit.rencana ke depan saya ingin membuat baju sablon oline nah apa yg di butuhkan atu di lakukan sy utk perkembangan usaha iyg saya lakukan ini ,utk masalah tempat insya allah ada di kosan ku cukup luas namun hanya kendalanya sy tdk bisa menjahit utk pemesanan baju tersebut…kira2 komfeksi mana yg dpt berkerja sama utk pemesanan baju2 tersebut?tolong berikan penjelasannya,saya ucapkan banyak terimakasih..Joque 085774460294 / a.apri40@ymail.com

  129. erwin budiman Juni 11, 2012 pukul 6:43 am

    ada yang bisa bantuin saya nggak?butuh tukang servis mesin fotocopy yang bagus disekitar madiun..terimakasih

  130. Tendy's Entertaint Juli 10, 2012 pukul 5:45 am

    saya belum bisa usaha sama skali,nah tips apa bt saya supaya saya bisa mjndi pengusaha hebat dn tolong berikn penjlsan bgamna

  131. jawara Juli 15, 2012 pukul 10:09 am

    betul, action…action dan action. saya memulai wirausaha di dunia refill tinta printer.

  132. widiya wati Agustus 9, 2012 pukul 2:35 pm

    Apa harus memiliki cukup modal secara materi untuk bisa berwirausaha?bagai mana dengn orang yg tidak memiliki cukup modal secara materi apa mereka tidak bisa berwirausaha dengn sukses?apa alasannya harus cukup modal secara materi & tidak cukup modal tidak bisa jadi wirausaha yg sukses? kiat apa yg harus di lakukan bagi yg memiliki keterbatasan?trimaksih mohon balasnnya…

  133. gathot Agustus 11, 2012 pukul 9:13 pm

    Kami menyediakan produk impor sari buah dalam kemasan botol @ 250 ml, 360 ml, 1500 ml, 2000 ml, saat ini yg tersedia sari buah Mangga , varian lebih lengkap mulai November 2012.
    Kami membuka peluang untuk para sahabat yang berdomisili di setiap kota di provinsi Jawa Timur (kecuali Surabaya) untuk menjadi Agen Penjualan.
    Bagi peminat silahkan hubungi kami via email,
    Terimakasih.

  134. adjie rusdie Agustus 27, 2012 pukul 6:56 pm

    saya adjie dari bandung ,saya juga baru memulai usaha sendiiri di bidang konsultan perijinan dan property di kota bandung khususnya ,saya baru mulai hari ini memulai usaha sendiri ,selama 10 tahun saya bekerja di bidang property awalnya saya bekerja sebagai agent proprty di bdg lama kelamaaan menjadi karyawan sebuah developer perumahan di kota bdg seiiringnya waktu saya ditempatkan di bagian legalitas dan sekarang saya jadi lebih paham bagaimana kinerja nya utk menjadi deverloper dan mengurus legalitas ,dahulu saya hanya marketing yang menjual rumah2 second dan marketing rumah baru.sekarang saya bekerja sama dengan banyak notaris dan org dpemerintahan ,tapi memang banyak sekali lika liku nya dan saya sering rugi untuk cari pengalaman kadang saya berani pertaruhkan keluarga demi memulai nya ,tapi dengan banyak berdoa saya sekarang bs mandiri dan lebih banyak bekerja dengan otak saya .saya sekarang punya kantor sendiri di Jl.CIATEUL BDG kantor jasa konsultan CARLITOS WAY ingin bergabung dengan saya silahkan kontak e mail ke carlitosway206@yahoo.com

  135. robby September 7, 2012 pukul 8:40 am

    benahi diri dan mulai lah dari sekarang diri anda untuk mewujudkan apa yang menajadi cita-cita anda. kesuksesan telah hadir dari diri anda setelah anda membaca nasehaty. anda2 adalah orang yang sukses..

  136. nda September 15, 2012 pukul 10:28 am

    bagaimana sih terciptanya kelancaran dalam usaha dalam kata lain labanya bisa tambah menigkatka dan tidak terjadi kerugian,,,,

  137. rubyanti dewi Oktober 17, 2012 pukul 6:50 am

    bagaimana membangun sistem kontrol pegawai karena pemilik tidak di tempat, manajemen usaha dan pegawai? terima kasih jawabannya

  138. Slamet Riyadi November 16, 2012 pukul 7:21 am

    Saya punya ruko ditambun mo cari pemasok produk perlengkapan bayi dan busana pria
    jika ada tolong infoin saya. terimakasih

  139. Katalog Sandal Lucu Desember 22, 2013 pukul 1:56 pm

    Sedikit masukan untuk yang mau mulai usaha, PISAHKAN yang namanya uang usaha dan uang pribadi. Jangan sampai bercampur dan rapihkan pencatatan keuangan bisnis.
    Salam semangat untuk berwirausahaa!!

  140. raini munti Januari 1, 2014 pukul 6:30 am

    sangat menginspirasi dan quotenya ngena banget sekaligus lucu hehe =)

  141. Joko Februari 28, 2014 pukul 6:12 am

    Siapa sebetulnya yang nyata-nyatanya menjadi kaya raya..?

  142. heri Maret 20, 2014 pukul 6:29 am

    Saya sedang mencari fatner bisnis,untuk menambah barang2 yg saya jual,agar lbih bnyak lagi,sudah 7 thn saya mengeluti usaha berdagang spare part mobil,jjr sbnrnya saya sdang mmbutuhkan fatner kerja dan jga tmbhan modal,trus terang saja bisnis ne bkan cma menjanjikan,keuntungan nya lbih bsar dari pda modal,pendapatan saya stiap hari 350rb/500rb,itu pun kalau sepi,kalau ramai 1 hri sya bsa mndapat 1 jta kadang2 lebih,allhamdulilah stiap hri pendapatan slalu ada.jika di antara kalian ada yang ingin buka usaha dan ingin mncari fatner kerja,hubungi saya di no 085890216327.kalau bisa kusus daerah bogor saja,biar deket dan ngga ada salah paham ada bisa liat kios dan barang2 saya dulu.

  143. nani suryani Maret 21, 2014 pukul 2:59 am

    Saya ingin bisnis lpg 3kg,di cililin,tp g tw agen lpg nya yg da di cililin,trus apakah hrus bli tabung gas nya terlebih dahulu,kiranya da yg tw tlong sms saya

  144. dziqri hanafi Agustus 9, 2014 pukul 5:57 pm

    wahhh.. sungguh luar biasa.. banyak ilmu yang saya dapatkan.. terima kasih banyak di kolom komentar semuanya bagus dan positif, kecuali yang bisni ODAP.. itu saya udah pernah ikutan, hasilnya omong kosong…
    sekarang saya mau memulai bisnis fotocopy dan ATK…. doakan saya wirausahawan pemula berhasil…

  145. KAY Agustus 22, 2014 pukul 1:34 pm

    gw juga lg buka usaha kecil kecilan.. pengetikan, cetak foto, undangan, instal, service, sablon kaos dg transferpaper dan mug pkai waterslide decal, stiker, fotokopi.. cuma modal pc + printer allin1.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: