Usaha

Menyesatkan Pekerja & Memotivasi Pengusaha

Bisnis Cerita Anda di Internet

Beberapa teman bertanya tentang usaha di dunia maya, tepatnya memanfaatkan internet. Sebenarnya usaha di bidang ini sangat banyak ragamnya. Kita bisa saja mengekor pemain lama dan menikmati hasil dari sistem yang telah mapan dan terbukti berhasil. Tetapi dari pada menerapkan sistem ATM (amati, tiru, modifikasi) seperti yang banyak dianjurkan oleh konsultan dan pakar bisnis, saya lebih suka menyarankan sistem KISS (kreatif, inovatif, sistematis untuk sukses). Sebenarnya sistem ini sudah terpikir sejak lama, tetapi belum saya tuangkan karena saya harus membuktikannya. Dan pembuktian kesuksesan sistem ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi ide sistem KISS ini tetap akan saya lempar walau pun belum ada pembuktiannya.

Mendukung sistem KISS, maka kali ini saya mengajak kita semua berpikir kreatif dan inovatif untuk membuka usaha di dunia maya. Kalau bisa jenis usahanya belum pernah dibuat oleh orang lain. Untuk permulaan, saya akan melemparkan ide “bisnis cerita Anda di internet”. Seperti apa sih ide ini? Pokoknya harus kreatif dan inovatif!


Idenya bermula ketika saya teringat sebuah buku cerita jaman dulu. Buku cerita ini berbeda dengan buku cerita yang lain karena yang menentukan alur cerita adalah pembacanya sendiri. Pembaca harus memilih keputusan yang harus diambil baru kemudian cerita dilanjutkan ke halaman selanjutnya. Alur cerita yang dipilih pembaca ini memiliki akhir cerita yang berbeda. Akhir ceritanya bisa bahagia, keberhasilan atau pun kesedihan. Ada pula yang akhirnya berupa kematian. Wah, bisa tragis juga ceritanya. Eh, ada juga yang ceritanya tidak berakhir alias pembaca harus pasrah menerima kondisi yang tidak mengenakkan, misalnya terperangkap di sebuah tempat.

Membaca buku seperti ini memang asyik. Tetapi saya tidak begitu suka membacanya secara biasa, maksudnya membaca dari buku, karena saya bisa mengintip alur cerita yang lain yang tidak saya pilih. Atau saya bisa membacanya secara urut dari depan sampai belakang untuk mengetahui kombinasi ceritanya.

Kalau pun saya taat membacanya sesuai alur cerita yang saya pilih, kadang saya malas ketika pilihan saya mengharuskan saya kembali ke halaman sebelumnya. Kadang saya mengulang membacanya demi untuk mengetahui alur cerita bila saya memutuskan pilihan yang berbeda.

Cerita Anda

Nah, idenya adalah membawa mekanisme cerita ini ke internet. Tentu dengan banyak sekali keunggulan bila dibandingkan dengan buku biasa. Pendapatan dapat dilakukan saat pembaca ingin membacanya. Dengan ilustrasi yang mendukung akan membuat cerita versi internet ini lebih menrarik.

Lebih asyik lagi jika alur cerita yang telah dilalui pembaca dapat dicetak. Jadi pembaca dapat memiliki ceritanya sendiri yang mungkin akan berbeda dengan pembaca yang lain. Karena dicetak, mereka bisa membandingkan dengan pembaca lain. Diharapkan kombinasi alur cerita bisa lebih banyak dari pada buku cerita biasa terutama karena tidak ada batasan jumlah halaman. Akhir ceritanya pun bisa dibuat banyak sehingga lebih menarik lagi.

Asyik kan? Ada ide lain?

43 responses to “Bisnis Cerita Anda di Internet

  1. Bieb Agustus 6, 2007 pukul 4:27 am

    jadi maksudnya cerita berantai yah..??? tuz gimana caranya bisa berjalan cerita tersebut..?? maaf agak2 ga ngerti sama sang dimaksud mas dewo. :D

  2. dewo Agustus 6, 2007 pukul 4:56 pm

    @Dear Bieb,

    Jadi contoh ceritanya begini:

    Halaman 1:
    Budi sudah bersiap hendak ke sekolah. Saat hendak keluar pagar, tiba-tiba Budi teringat bahwa dia belum membuat PR matematika. Padahal pelajaran matematika ada di jam pertama dan kedua. Dan sekarang jarum jam sudah menunjukkan pukul 06:45 yang berarti 15 menit lagi Budi harus sudah sampai sekolah.

    “Mana sempat mengerjakan PR?” pikir Budi. Akhirnya dalam kecamuknya, Budi harus memilih tindakannya:

    a. Berlari ke sekolah berharap masih ada waktu untuk mengerjakan PR di sekolah. (Ke halaman 2)

    b. Membolos dan pergi menjenguk Dono sahabatnya yang sedang sakit parah. (ke halaman 3)

    c. Pergi membantu ibu jualan di pasar. (ke halaman 4)

    Begitulah kira-kira contohnya.
    Budi harus memilih salah satu pilihan untuk meneruskan cerita. Tentu pilihan yang baik belum tentu berakhir baik. Misalnya saat Budi memilih pilihan a, ternyata saat berlari dia jatuh terpeleset sampai keseleo. Dan seterusnya.

    Yang bikin asyik adalah banyaknya kejadian-kejadian yang tidak bisa diduga sebelumnya. Misalnya pilihan yang tidak baik justru membawa keberuntungan bagi Budi. Dll.

    Semoga dapat membuat sedikit mengerti tentang konsep ini. Salam.

  3. wahyu September 11, 2007 pukul 7:06 am

    seandainya kita buat seperti yang mas usulkan. jadi darimana penghasilannya?
    maaf…saya memangkurang memahami,hanya kebetulan saja saya suka menulis.
    terimakasih banyak.

  4. dewo September 11, 2007 pukul 10:12 am

    Dear Wahyu,

    Penghasilannya adalah dari setiap pembaca yang ingin mengikuti alur cerita. Setiap cerita memiliki harga tertentu.

    Salam.

  5. windi September 29, 2007 pukul 3:42 am

    maksud dari setiap cerita punya harga tertentunya apa???coba mas contohkan….

  6. dewo September 29, 2007 pukul 6:47 am

    @ Dear Windi,

    Misalnya cerita dengan judul “Membolos Sekolah” harganya 10 ribu, jadi setiap pengunjung yang akan mengikuti alur ceritanya harus membayar 10 ribu. Bisa saja ada judul yang harganya lebih mahal, misalnya karena ditulis oleh pengarang terkenal, atau karena ceritanya lebih panjang, menarik dan lebih menantang.

    Begitu kira-kira contohnya.

    Salam.

  7. Partisimon November 18, 2007 pukul 6:51 pm

    Wah ide pak dewo bagus juga nich. Apalagi kalau bisa di buat sebuah sistem (website) keanggotaan, dimana per cerita musti bayar …atau mungkin di buat sebuah situs cerita, berisi ebook cerita yang bisa di download…lalu ada sistem keanggotaan … misalnya sekian ribu per 6 bulan …atau per tahun

    he..he… saya cuma ngomong doank lho …soalnya hal2 kayak gini utk saya pribadi yang tidak punya latar belakang pendidikan komputer kayaknya susah di wujudkan.

    Tapi utk rekan2 yang ada ilmu komputernya kayaknya bisa, di gabungkan dengan rekan lain yang ada ilmu tulis-menulis …atau siapa aja yang memiliki produk yang berguna bagi orang lain, dan si pembeli merasa gak sia2 membeli produk dari kita.

    Kalau bisa nilai produknya harus lebih besar dari harga…supaya konsumen puas.

    salam
    Partisimon Partogi

    NB. Pak dewo, gimana caranya supaya foto kita bisa nampang di comment kayak punya bapak, biar kita2 cepat jadi seleb dunia per-blog-an. he..2x

  8. dewo November 19, 2007 pukul 1:33 am

    @ Dear Pak Partisimon,

    Orang yang tidak punya latar belakang TIK juga bisa kok, Pak. Caranya mudah: pekerjakan orang yg punya latar belakang TIK. Hehehe…

    Oh ya, untuk menampilkan foto (avatar), kita bisa upload avatar kita di wordpress (atau di blog Bapak). Kalau blog Bapak berbasis wordpress, maka uploadnya di menu:

    Dashboard > Pengguna > Profil Anda, kemudian upload foto di box "Gambar Saya"

    Semoga berhasil. Salam.

  9. friska Dwi Andini Desember 12, 2007 pukul 12:22 pm

    Ujung cerita semacam cerita multiple choice… hmmm saya kira ide yang menarik… terutama buat anak-anak supaya kreatif n bljr berani dengan pilihan yang diputuskan… sepertinya seru kalau konsep ide Pak Dewo bisa diwujudkan… Saya hobi menulis, Mudah-mudahan Saya bisa sumbang cerita… :)

  10. yogie Desember 29, 2007 pukul 2:39 pm

    kayaknya cerita model ginian dah pernah saya baca ketika saya masih smp , sekarang sudah umur 21, kalo gak salah kebanyakan cerita ditektif, dan waktu itu saya sendiri yang harus memilih tindakan terbaik yang saya buat, atau kemana alur cerita mau saya lanjutkan,
    untuk idenya lumayan menarik, tapi pakah ada yang mau membayar hanya untuk membaca sebuah cerita, dan jika memang bisa, membayarnya gimana??

  11. the girl Januari 3, 2008 pukul 12:11 pm

    nice blog, somehow i visit your blog

  12. inge Februari 1, 2008 pukul 9:22 am

    Menurut saya,cara membayarnya jangan per cerita tapi dengan cara menjadi anggota yang mana setiap bulannya diwajibkan untuk membayar dan kita sebut sebagai iuran anggota.Trus si punya website mengisi cerita teratur dan terbatas setiap bulannya,apakah diisi setiap minggu dengan 2-5 buku cerita atau tiap bulan,yang pasti terbatas jumlahnya.Untuk iurannya jangan mahal-mahal supaya anggotanya banyak,dari situlah keuntungan/penghasilan yang didapat dan satu hal lagi,bagi yang mau mengisi tulisannya jika memang bagus dan layak untuk dijual maka si penulis dibayar juga dengan layak supaya dia semangat menulis yang lebih bagus..Ini cuma angan-angan saya lho…

  13. alhakim Februari 17, 2008 pukul 1:34 am

    Ide yang bagus tuh pak…kalo di terapkan di indonesia bagaimana prospeknya? mengingat orang indonesia banyak yang “alergi” dengan yang namanya iuran atau program berbayar

  14. prabowo Maret 3, 2008 pukul 8:47 am

    boleh juga idenya Pak dewo…tapi siapa yang memulai

  15. Emanuel Setio Dewo Maret 3, 2008 pukul 9:01 am

    @ Dear Alhakim,

    Iya, benar. Tapi patut kita coba. Toh jika iurannya tidak mahal pasti banyak juga yang jadi anggota. :D
    ~~~

    @ Dear Pak Prabowo,

    Hehehe… Pak Prabowo bisa jadi pioneer di sini.

    Salam.

  16. Maylanny Maret 12, 2008 pukul 1:46 am

    Mas Dewo kalo blognya blogspot gimana cara menampilkan fotonya terima kasih udah ikut nimbrung pak Partisimon sekali2 jalan2 ya ke: maylannychristin.blogspot.com

  17. antisehat Juni 25, 2008 pukul 2:57 am

    dimana ada kemauan…
    disitu ada jalan…

    MLM hanya kendaraan-nya saja
    untuk mencapai tujuan,
    dengan efektif dan efisien

    bila ada pilihan kendaraan lain
    yang dianggap lebih baik,
    silahkan pakai saja kendaraan yang lain itu…

    atau mau di bareng-kan dengan MLM…?
    sah-sah saja…asal tidak saling mengganggu…

    tapi semuanya kembali kepada Anda,
    karena yang paling mengerti Anda adalah diri Anda sendiri,
    jadi? semua keputusan ditangan Anda…
    walaupun yang nantinya mendapat keuntungan terbesar adalah Anda,
    karena yang bekerja juga Anda, hehehe…

    disimpulkan dari: http://www.profitinthrift.com

  18. agus Agustus 20, 2008 pukul 1:38 pm

    bagus sekali ide mas dewo, bagi pemula seperti saya , punya kendala , kemaren saya tulis artikel kira – kira 5 paragraf , maunya di halaman depan yang tampak paragraf pertama aja, trus paragraf 2,3,4,5 bisa dilihat kalu pembaca klik ” more ”

    nah saya bingung caranya mas biar bisa seperti artikel artikel mas dewo yang tertata rapi

    kalu berkenan mas dewo ajari saya dunk caranya

    thank sebelumya

  19. Emanuel Setio Dewo Agustus 20, 2008 pukul 1:56 pm

    @ Dear Agus,

    Caranya gampang kok. Kalau dari editor WP, maka tekan saja tombol “Sisipkan tag More” di toolbar-nya. Atau kalau mau manual di tab HTML, sisipkan perintah berikut di antara paragraf yg akan dipisahkan halamannya:

    <!--more-->

    Kurang lebih begitu. Kalau mau, silakan explore di situs resmi WP di bagian “Manual” atau pun “Help”. Di sana ada panduan lengkapnya kok.

    Salam.

  20. agus Agustus 29, 2008 pukul 10:33 am

    trimakasih banyak mas dewo

  21. ibrahim November 21, 2008 pukul 8:38 am

    Ass. Mas Dewo yth. Klo Q boleh tau nih. Sekarang ini stus yang udah menyedikan layanan buat para penulis yang mau jual ceritanya dalam bentuk ebook udah ada blom. Kalo bisa ya yang bahasa layanannya pake bahasa indonesia karena I CAN’T SPEAK ENGLISH. Sorry nh ya buat para pembaca ‘N Mas Dewo. Ngomongnya agak belepotan nih…

    Tank’s ya sebelumnya.

  22. Emanuel Setio Dewo November 21, 2008 pukul 9:20 am

    @ Dear Ibrahim,

    Sudah ada kok beberapa situs pribadi yang menjual buku dalam format e-book. Bisa dicari di Google dengan keyword: e-book.

    Salam.

  23. Ade Desember 11, 2008 pukul 6:07 am

    Salam sejahtera bagi kita. maaf pak Dewo, walaupun saya tidak banyak tau tentang pak dewo tapi saya sering nama anda dan saya anda dikenal bukan karena keelokan paras anda he..he.. tapi karena pribadi unggul anda. Saya ingin tanya tentang dunia usaha baik didunia maya atau nyata. Pak dewo sebnarnya cara untuk usaha itukan banyak namun banyak kendala yang sering ditemukan misalnya kurangnya relasi dalam usaha,menurut bapak sendiri hal-hal apa saja sich yang cenderung lebih banyak menunjang kesuksesan kita dalam berusaha? mohon motivasinya terima kasih

  24. Emanuel Setio Dewo Desember 11, 2008 pukul 6:36 am

    @ Dear Pak Ade,

    Salam sejahtera Pak.
    Hihihi… bisa saja Bapak memujinya. Jadi ge-er nih…

    Betul, untuk berusaha memang sangat membutuhkan jaringan atau relasi. Jadi sebaiknya sejak awal sudah membangun jaringan. Jaringan ini bisa dimulai dari teman-teman dekat sampai kemudian beranjak ke yang lebih luas.

    Atau bisa juga membentuk jaringan dari komunitas sasaran bisnis.

    Sebenarnya banyak sekali cara untuk membangun jaringan. Tidak hanya berguna untuk menjadi mitra, tapi juga dapat sebagai target market. Semakin besar jaringannya, semakin baik.

    Oh ya, menjawab pertanyaan “penunjang kesuksesan”, itu sebenarnya banyak sekali dan multi dimensi. Yang paling mudah adalah “faktor keberuntungan.” Setelah itu banyak juga yang lain yang bisa diupayakan secara maksimal, misalnya strategi, organisasi, SDM dan tentu saja manajemen.

    Salam.

  25. dobelden Desember 17, 2008 pukul 2:35 am

    hmm jualan cerita yak? klo dari yg sudah ada pola nya mereka membuat cerita diblog dan dibaca lalu bila respon menarik maka tulisan diblog di launching dalam bentuk buku, kayak kambing jantan ato Jakarta Under Kompornya arham kendari

  26. Emanuel Setio Dewo Desember 17, 2008 pukul 3:05 am

    @ Dear Dobelden,

    Mungkin bentuknya seperti ini:
    http://dewo.wordpress.com/2008/11/09/tso001-petualangan-tesio/

    Tapi formasi yang komersial tentu harus lebih baik dan harus lebih menarik lagi.

    Salam.

  27. fitri Januari 6, 2009 pukul 12:24 pm

    saya memiliki beberapa cerita, karya saya sendiri, lalu kemana saya harus menjual cerita saya supaya saya menghasilkan sesuatu dari apa yang saya hasilkan.

  28. moch. ridwan Januari 21, 2009 pukul 8:43 am

    Iya-iya aku juga pernah baca buku itu yang isinya tentang petualangan kalau gak salah Gostbumb. gitu …! aku juga banyak terinspirasi dari sana untuk kegiatan aku selanjutnya, tapi……? nggak terlaksana, Mas tau nggak agar suatu angan – angan kita bisa terlaksana dengan Perfect gitu………….?

  29. Sigit Juli 24, 2009 pukul 5:46 am

    Wah bagus juga tuh idenya…cuma masalahnya kalau itu berbayar emang ada yang beli cerita kita,padahal kan cerita di internet banyak sekali,bahkan bisa di dapat/download dengan gratis…makanya saya bingung…saya juga pengen bisnis online melalui internet.

  30. miira zahwani September 10, 2009 pukul 4:50 am

    wuaa ide na bagus banget saia juga suka banget buat cerita, kira-kira boleh ikutan gabuk gak iak pak?

    makasih

  31. Ping balik:Contoh Cerita di Bisnis Cerita Online « Usaha

  32. super November 16, 2009 pukul 3:48 am

    wah mantap…
    terus kembangkan idenya ya..

    salam super

  33. backpacker jogja Mei 5, 2010 pukul 9:47 am

    setiap akhir cerita akan punya pilihan, coba kita hitung dengan pemisalan tiap cerita mempunyai 3 pilihan untuk lanjutan, dan setiap member berbeda pilihan, jadi dari cerita pertama penulis akan menulis 3 cerita lanjutan, dari cerita ke dua menulis 9 cerita lanjutan , yg ketiga 27 cerita lanjutan, lalu 81 , 243 , 729, …. kecuali kalau alur ceritanya dibalikin lg

  34. Emanuel Setio Dewo Mei 5, 2010 pukul 9:52 am

    @Backpacker Jogja,

    Alur cerita bisa saling bersinggungan. Jadi beberapa alur bisa memiliki satu atau dua pilihan yang sama dengan alur cerita yg lain.

    Sedangkan akhir cerita bisa dibatasi berakhir pada 5 (misalnya) ending.

    Salam.

  35. mutia Juli 16, 2010 pukul 1:12 am

    caranya gimana pak..saya sih biasa nulis tapi ga ngerti mo publish di internet…nah cara gunkan blog ini gimana? trus apa k’untungannya/ gimana kita bisa tau pendapatan kita?

    • Emanuel Setio Dewo Juli 17, 2010 pukul 10:58 am

      @Mutia,

      Untuk mempublikasikannya tentu anda harus punya blog atau website atau engine khusus lainnya. Untuk metode pendapatannya bisa bermacam cara, misalnya dari keanggotaan atau tarif per cerita.

      Silakan berinovasi. Semoga berhasil.

  36. usaha bisnis internet September 4, 2010 pukul 10:57 pm

    Salam kenal Mas, gmana mas sukses inovasi barunya??? Idenya bagus mas, tinggal konsistensi Anda menjalaninya.

  37. Forum Promosi Mei 7, 2011 pukul 12:50 am

    Hallo Mas,

    gimana kelanjutan ide bisnis ceritanya?
    kalau jaman sekarang mungkin bayarnya nggak usah pakai uang, tapi pake pulsa.
    wah pasti seru mas

  38. aulia aprifky Agustus 28, 2011 pukul 9:32 am

    mas saya ingin menjual cerita saya ,,ini sy ungkap dari kisah nyata kehidupan saya sndri..
    mungkin saja cerita ini dapat dijadikan film ,momentum agar public lebih mengerti arti kehidupannya
    ..hubungi saya..083170774887 atau.. 083170416446

  39. HELMY Mei 9, 2012 pukul 2:13 pm

    eem kayaknya aku ikut tertarik dengan bisnis cerita ini, soalnya aku suka mengarang cerita aku boleh gak ikut?

  40. xzx nautica Juli 29, 2013 pukul 10:49 am

    ku sering menghayal.nah dari menghayal itu . aku bnyak menciptakan cerita . tidak sma yang ada cerita2 di tv hyang itu doang alur ceritanya,, tidak ada yang berubah ..
    ,,, tpi buat apa ah walau cerita ku bagus .. pasti gk ada bakalan di terima hasil karyaku.. malez ah bye

  41. Obat Kuat Pasutri Februari 10, 2014 pukul 1:20 pm

    http://www.obatsehatpasutri19.com Bergerak Di Bidang Farmasi Dan Merupakan Salah Satu Importing Company Yang Berada Di Jakarta. Farmasi Group Adalah Perusahaan Import Obat-Obatan Herbal, Kosmetik Import Dalam Bentuk Pelangsing Badan Herbal Dll Dari Cina, USA, German, Afrika, Japan Hingga Arab.

    Produk Yang Kami Tawarkan Merupakan Produk-Produk Yang Banyak Di Butuhkan Oleh Para Wanita Yang Ingin Tampil Lebih Cantik Dan Pria-Pria Dewasa Yang Ingin Perkasa Atau Obat-Obatan Herbal Untuk Penyembuhan Penyakit Berat.

    Toko Obat Sehat Pasutri Merupakan Importing Company Yang Menjual Obat-Obatan Dan Produk-Produk Kecantikan Alami Yang Di Produksi Dari Bahan Herbal Dan Bahan-Bahan Alami Lain.

    Untuk Produk Pengobatan Banyak Berbagai Penyakit Berat Dapat Disembuhkan Dengan Aman Dan Produk Kecantikan Menjadikan Wanita Dan Pria Lebih Terlihat Bersinar Dan Berseri, Lebih Percaya Diri Dan Tampil Perkasa.

    Untuk Pangsa Pasarnya Sangat Bagus Sekali, Baik Di Lingkungan Anda Atau Di Situs Internet, Dan Cara Pemasaranya Juga Mudah.

    Jika Order Anda Mencapai 5 – 10 Juta, Akan Kami Buatkan Website / Toko Online Yang Menjadi Milik Anda Pribadi Guna Memperluas Bisnis Anda Di Internet Dan Menjadikan Usaha Anda Lebih Luas Jangkauan Pangsa Pasarnya ” GO INTERNATIONAL ” Yang Jangkauan Pangsa Pemasaran Tanpa Batas Waktu Dan Tempat, Bisa Di Akses Di Seluruh Dunia.

    Kami Menyediakan Kebutuhan Pasangan Suami Istri Dan Orang Dewasa
    Seperti:
    *** Obat Pembesar Penis No.1 Original / Asli ( Vimax Pills Capsul, Vigrx Plus, Cobra Oil, Black Mamba, Arabian Oil, Lintah Oil & Vakum Pembesar Penis ).
    *** Obat Kuat Berbahan Herbal No.1 Original / Asli ( Viagra USA, Levitra, Cialis, Procomil Spray, Africa BLACKANT, Maximum Power Full, Chong Hua, Viagra Australia, dll ).

    Selain itu kami juga memiliki Produk:
    Alat Bantu Seksual / Sex Toys
    Seperti:
    ( Boneka Full Body, Vaginator, Penisator, Vibrator, Anal, Masturbator, Boneka Seks, Vacuum Biggers, Lubricant Gell Dan Kondom Ring Import ).

    100% Produk Import Dari:
    Canada, USA, Australia, Jepang, Hongkong, Australia Dan Sebagainya.

    Semua Produk Yang Kami Jual 100% Aman Untuk Digunakan, Kebersihan Terjamin Dan Tanpa Menimbulkan Efek Samping

    Pemesanan Hubungi Customer Service Kami Layanan 24 Jam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: